5 Tanda-tanda WhatsApp Dibajak dan Cara Mencegahnya

Whatsapp.(thenewsonline)

(KANALACEH.COM) – Akun Whatsapp menjadi salah satu sasaran para hacker. Beragam cara dilakukan agar mendapatkan akun Whatsapp yang menjadi targetnya.

Pasalnya, akun Whatsapp bisa menjadi pintu masuk untuk mendapatkan informasi lain. Maklum, mayoritas warga dunia kini menggunakan Whatsapp untuk berbagi informasi mulai yang sifatnya umum hingga khusus.

Maka dari itu, penting bagi pengguna Whatsapp untuk mengenali apakah akun mereka sedang disadap. Berikut lima tanda yang bisa menjadi ciri akun Anda telah disadap.

1. Mendapatkan Kiriman OTP

Salah satu ciri yang mudah dikenali adalah Anda secara tiba-tiba mendapat kode OTP (One-Time Password). Jika Anda mendapati kode OTP lewat SMS atau telepon padahal sedang tidak melakukan apa-apa, jangan menyerahkan kode itu kepada siapapun.

Memberikan kode dapat membuat peretas lebih mudah menyadap akun Anda. Jika Anda secara tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi dengan sendirinya, ada kemungkinan akun Anda sedang dikloning orang lain.

2 Pesan Telah Terbaca

Tanda WhatsApp dibajak berikutnya adalah pesan yang sudah terbaca padahal Anda belum membuka pesan tersebut. Itu artinya ada pihak lain atau orang lain yang sudah lebih dulu membaca pesan tersebut.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian pesan. Tanda ini dapat diaktikan dibagian pengaturan.

  1. Ada Pesan Misterius yang Dikirim

Tanda WhatsApp disadap lainnya adalah ada pesan yang terkirim ke kontak tanpa sepengetahuan Anda.

Anda patut curiga jika Anda merasa tak pernah mengirim pesan misterius tersebut. Besar kemungkinan ada orang lain yang berhasil meretas akun Anda dan mengirim pesan tersebut.

4. Status Online Padahal Tidak Aktif

Anda juga bisa melihat status online. Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga untuk melihat status online WhatsApp Anda.

Jika status terlihat online padahal sedang tidak menggunakan WhatsApp, kemungkinan ada orang lain yang sedang membuka WhatsApp Anda.

Lalu, jika Anda mengalami tanda-tanda WhatsApp disadap tersebut, bagaimana cara menghentikannya?

Anda bisa menonaktifkan akun WhatsApp untuk menghentikan semua proses penggunaan WhatsApp termasuk pada peretas. 

  1. Mendadak keluar dari akun WhatsApp

WhatsApp tak bisa digunakan pada dua ponsel bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka salah satu akun akan keluar dengan sendirinya. Jika Anda tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp Anda, ada kemungkinan akun Anda dibajak.

Jika nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka Anda akan mendapatkan peringatan pada ponsel, seperti berikut ini:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Jika Anda mendapatkan notifikasi itu dan tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, jangan tekan Oke. [CNN]

Related posts