Mahathir Mohamad: Malaysia Harus Klaim Pulau Singapura dan Riau

Mantan PM Malaysia sindir Suku Bugis, JK: Mahathir harus minta maaf
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad. (Republika)

(KANALACEH.COM) – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan bahwa Negeri Jiran harus mengklaim pulau Pedra Branca di Singapura dan Kepulauan Riau di Indonesia sebagai bagian dari wilayah mereka.

“Kita harusnya tak hanya meminta Pedra Branca dikembalikan, atau Pulau Batu Puteh, kita juga harus meminta Singapura pun Kepulauan Riau, mengingat mereka adalah bagian dari Tanah Melayu [Malaysia],” kata Mahathir, Minggu (19/6).

Mahathir menegaskan bahwa negara Singapura sebelumnya sempat menjadi bagian dari Johor. Ia mengatakan bahwa Johor seharusnya mengklaim Singapura sebagai wilayah mereka.

“Namun, tak ada tuntutan terkait Singapura. Malah, kami menunjukkan apresiasi kami kepada kepemimpinan negara baru itu, yang disebut Singapura,” tutur Mahathir.

Ia juga menyindir pemerintah Malaysia karena merasa lebih “untung” ketika merebut Kepulauan Sipadan dan Ligitan dalam konflik dengan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), tetapi melepaskan Pedra Branca ke Singapura.

Tak hanya itu, Mahathir mengatakan bahwa lahan Malaysia dahulu terbentang dari Tanah Genting Kra di Thailand hingga Kepulauan Riau dan Singapura. Namun, wilayah itu kini terbatas di Semenanjung Malaysia.

“Saya khawatir Semenanjung Malaysia akan diambil oleh orang lain di masa depan,” katanya, seperti dilansir laman CNNIndonesia.

Tahun 2002, ICJ memang memutuskan wilayah Sipadan dan Ligitan merupakan bagian dari Malaysia, bukan Indonesia.

Pada 2008, ICJ memutuskan Pedra Branca sebagai bagian dari Singapura, sementara wilayah Middle Rocks menjadi milik Malaysia.

Pemerintah Malaysia sempat mengajukan banding atas putusan ini pada 2017 lalu, tetapi memutuskan untuk tidak menindaklanjuti masalah itu pada 2018, saat Mahathir kembali menjabat sebagai perdana menteri. [CNN]

Related posts