Satu Jamaah Haji Asal Abdya Meninggal Dunia di Mekah

(Dok. Sindonews)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang Jamaah Haji asal Aceh Barat Daya, Intan Sani Abdullah (61) meninggal dunia di Mekah, Kamis (20/7), jam 18.45 Waktu Arab Saudi.

Informasi meninggalnya Intan Sari disampaikan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 01-BTJ, Muhammad Qusay.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Berita duka dari kloter 01-BTJ, telah berpulang ke rahmatullah seorang jamaah haji Aceh atas nama Hj. Intan Sani Abdullah, Pasport No.C 7085263 berasal dari Aceh Barat Daya,” kata Qusay dalam keterangannya.

Menurut Qusay, Intan Sani meninggal dunia di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, karena geriatric syndrome (sindrom geriatri) dan congestive heart failure (CHF-gagal jantung).

Intan Sani, kata Qusay adalah jemaah kloter 05-BTJ yang tanazul (mutasi perpindahan antar-kloter) ke kloter 01 BTJ karena sakit. Selama ini, ia menjalani perawatan di KKHi Mekah dan dijadwalkan kembali ke Aceh pada Selasa (26/7) ini.

Saat ini sudah empat jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi untuk musim haji tahun 2022 ini.

Sebelumnya, Muslim bin Abdul Wahab Salam (51 tahun), jemaah kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum mendarat di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, 15 Juni 2022, jam 04.37 WAS. Ia didiagnosa mengalami penyakit asam lambung (GERD–gastroesophageal reflux disease).

Lalu Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55 tahun), juga dari Kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Mekah, 10 Juli 2022, Jam 07.30 WAS karena gagal ginjal akut (AKI-Acute acute kidney injury).

Kemudian pada 16 Juli 2022, Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64 tahun), jemaah kloter 05-BTJ asal Aceh Barat, meninggal dunia di Hotel Alsagreyah, Mekah, Jam 21.40 WAS Acute Ischaemic heart disease (penyakit jantung iskemik akut).

“Dan yang terakhir ini, Intan Sani dari Aceh Barat Daya, meninggal dunia di KKHI Mekah,” ucapnya.

Related posts