Tabuhan Rapai dari Aceh Hingga Singapura Akhiri Event Perkusi 2022

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pertunjukan Aceh Perkusi 2022 yang bertema “Permata Tanah Serambi” yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh Minggu malam, 31 Juli 2022 berjalan sukses. Satu persatu peserta menunjukkan kelihaiannya dalam memainkan alat musik etnic.

Kalaborasi semua peserta dalam memainkan beragam alat musik yang ditabuh itu, jadi penampilan terakhir dalam kegiatan yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Meskipun hujan sempat mengguyur lokasi sekitar, namun tidak menyurutkan niat warga untuk menyaksikan kelihaian para seniman dalam meramu irama yang menawan. Bahkan, Group Nadi dari Singapura yang baru pertama kali tampil di Aceh mengaku senang mendapat apresiasi dari penonton yang hadir.

Selain dari Aceh, peserta grup perkusi ini juga datang dari Bandung, Depok, Riau dan Jakarta. Lalu dari negara Thailand dan Jepang yang bermain secara daring turut menambah kemeriahan acara ini.

Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal mengatakan, Festival Aceh Perkusi merupakan event penting dan strategis, karena dapat dijadikan sebagai momen yang tepat untuk promosi, edukasi, membangun relasi, mengembangkan kreativitas, dan melakukan interaksi seni secara luas.

“Semoga kegiatan ini mampu menjadikan perkusi sebagai identitas musik budaya masyarakat Aceh yang harus dijaga dan dikembangkan dalam upaya mempertahankan eksistensinya di tengah kondisi perubahan zaman,” ujar Almuniza Kamal.

Bahkan atas terselenggaranya event itu, Menteri Parekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno secara khusus memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan Disbudpar Aceh dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi mendukung penyelenggaraan Aceh Perkusi 2022 di Banda Aceh.

Kegiatan ini, kata dia, selain melestarikan budaya juga harus membuat ekonomi masyarakat menggeliat. UMKM harus ikut berpartisipasi agar terciptanya kebangkitan ekonomi.

“Event ini diharapkan mampu mengeliatkan kembali ekonomi masyarakat, tentu dengan mengeplementasikan strategi, inovasi dan kolaborasi, dan terus berinovasi demi terciptanya kebangkitan ekonomi Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual.

Selama kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 29 hingga 31 Juli tersebut, juga terlihat puluhan pelaku UMKM maupun pedagang memenuhi Taman Sari sebagai lokasi Aceh Perkusi 2022. Warga juga tampak memenuhi stand pedagang untuk bersantai sembari menikmati alunan musik dari peserta perkusi.

Related posts