Yuk Foodies! Aceh Culinary Festival 2022 Sajikan 700 Menu Makanan

Yuk Foodies! Aceh Culinary Festival 2022 Sajikan 700 Menu Makanan.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Para pecinta kuliner, event Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 sudah resmi dibuka di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Jumat, 5 Agustus 2022. Banyak sajian kuliner khas yang menarik untuk bisa dicicipi.

Ada sekitar 700 menu makanan yang tersaji dan siap memanjakan lidah pecinta kuliner tradisional Aceh hingga modern. Tak hanya itu, pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner se-Sumatera juga ikut meramaikan kegiatan ini.

Stand makanan yang tersaji di lokasi event ini juga cukup unik. Bagi pengunjung bisa menikmati kuliner dari 23 daerah se Aceh di zona pavilion anjungan di masing-masing kabupaten/kota, dan 100 kuliner khas berbagai provinsi di Indonesia di zona nusantara. Tak ketinggalan zona urban para UMKM non tradisi ikut ambil bagian dari event ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, kegiatan ini jadi yang kedelapan kali diselenggarakan sejak 2014 lalu. Dengan mengusung tema “Indonesia’s Food Tourism” yang mempertegas bahwa Aceh mampu menjadi kiblat kuliner Nusantara.

“Sewindu Aceh Culinary Festival diharap mampu jadi kiblat kuliner nusantara. Kali ini ada 700 menu makanan yang di sajikan dalam event ini,” kata Almuniza Kamal.

ACF merupakan event kuliner tahunan besutan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh berkolaborasi dengan Bank Indonesia Wilayah Aceh dan Kemenparekraf, event ini juga bersanding dengan Festival Ekonomi Syariah yang digelar di berbagai lokasi di Banda Aceh.

“Event ini jadi salah satu event kharisma nusantara kategori event terbaik berbasis adaptasi dan inovasi, yang diharapkan bisa mendongkrak ekonomi kreatif dan pelaku UMKM,” ujar Almuniza.

Sementara itu Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Reza Fahlevi menyampaikan, ACF 2022 sebagai lokomotif untuk membangkitkan perekonomian Aceh khususnya pelaku UMKM setelah diterjang pandemi.

Apalagi wisata kuliner saat ini jadi penyumbang produk domestik bruto (PDB) di Indonesia selain fashion dan kraft. Dan Aceh, kata Reza, sudah menjalankan strategi ini lewat Aceh Culinary Festival yang berkolaborasi antara BI dengan dukungan Kemenparekraf untuk mendatangkan wisatawan.

“Aceh harus punya banyak event. Karena itu dampaknya besar baik dari segi pemajuan UMKM, adanya transaksi, budaya hingga pelestarian lingkungan, jadi tidak usah ragu untuk membangun pariwisata karena ada multiplier effect,” ucapnya.

Kegiatan ACF 2022 ini akan berlangsung hingga Minggu, 7 Agustus 2022. Jadi masih ada waktu bagi pengunjung untuk menikmati sensasi keanekaragaman rasa kuliner tradisional Aceh dan nusantara di Taman Sulthanah Safiatuddin.

Related posts