Walkot Sabang: Imunisasi Sangat Penting Untuk Jaga Imun Anak

Sabang (KANALACEH.COM) – Wali Kota Sabang Nazaruddin menyampaikan bahwa imunisasi sangat penting untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh anak. Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi selama ini mengakibatkan turunnya tingkat imunisasi anak secara signifikan.

Menurutnya, saat ini pandemi Covid-19 kian melandai, vaksin juga sudah di lakukan dengan capaian terbaik.

“Sekarang kita juga harus memikirkan penyakit lainnya saat ini, terutama terhadap anak-anak. Imunisasi anak sangat penting untuk menjaga imun anak sebagai langkah antisipasi melawan penyakit,” kata Nazaruddin saat membuka pertemuan advokasi, sosialisasi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Aula Akper Ibnu Sina Kota Sabang, Selasa (16/8).

Nazaruddin turut mengajak semua pihak untuk memahami bahwa imunisasi anak dilakukan untuk mencegah terjadinya indikasi penyakit yang berdampak serius. Sebagai contoh campak, rubella, polio, difteri, pertusis, Hepatitis B dan meningitis.

“Ini perlu perhatian lebih lanjut, mungkin masih banyak dari kita yang berpikir negatif terkait imunisasi. Saya mengajak kita semua untuk bekerjasama memberi pemahaman bahwa imunisasi adalah langkah mengantisipasi agar anak terhindar dari penyakit yang berdampak serius,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang Edi Suharto, bahwa masyarakat perlu terus diberikan pemahaman bahwa imunisasi menjadi hal yang penting. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Unicef Aceh berupaya melaksanakan program BIAN untuk menutup kesenjangan imunitas.

“Dengan monitoring dan evaluasi ini, kita memberikan arahan kepada para Kepala Sekolah dan Keuchik agar dapat ikut menyukseskan program BIAN yang dicanangkan oleh Kemenkes RI. Sehingga pemberian imunisasi dapat dilaksanakan secara terintegrasi di Kota Sabang,” jelas Edi.

Related posts