Tak Ada Bank Konvensional, Wisatawan Asing di Aceh Kesulitan Tarik Uang di ATM

Warga diimbau periksa lubang mesin ATM sebelum transaksi
Ilustrasi. (tribunnews.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Video wisatawan asing asal Australia dan Amerika yang curhat dan mengeluh lantaran kesulitan menarik uang tunai di sejumlah ATM saat berwisata di Aceh beredar luas di media sosial.

Sebab, kartu ATM mereka tidak bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang di Bank Aceh Syariah (BAS) dan Bank Syariah Indonesia (BSI), serta tidak bisa melakukan penukaran uang di dua bank itu.

Sehingga wisatawan asing itu terpaksa meminjam uang kepada rekan mereka warga lokal bernama Fendra, yang saat itu juga ikut bersama mereka untuk kebutuhan makan dan lainnya saat perjalanan mengeksplore daerah Barat Selatan Aceh.

Fendra, Here I no money, no bank, no food, no petrol in Aceh. Help me,” kata wisatawan asing tersebut dalam video yang diunggah oleh Fendra di media sosial yang dikutip, pada Sabtu (27/8).

Fendra mengatakan, ia juga sudah menghubungi manager ke dua bank tersebut agar memudahkan wisatawan asing itu untuk melakukan penukaran ataupun penarikan uang dari ATM mereka, namun juga tidak bisa.

Ia berharap hal seperti ini bisa jadi perhatian Pemerintah Aceh untuk mengembalikan sistem Perbankan di Aceh seperti semula, dimana bank konvensional bisa kembali beroperasi di Aceh.

“Ini seperti notifikasi keras untuk Pemerintah Aceh sebab kita sudah gaungkan besar-besar soal visit Aceh, pariwisata kita juga sudah jalan tapi tidak di support dengan sistem keuangnnya, harusnya ini dipikirkan,” ucapnya.

Related posts