Wisatawan Asing di Aceh Tak Bisa Tarik Uang di ATM, BSI: Kami Sedang Proses Izin Acquirer

BSI. (foto: bisnis.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menanggapi adanya wisatawan asing di Aceh yang tidak bisa menarik uang di ATM Bank Syariah Indonesia (BSI), Regional CEO BSI Aceh, Wisnu Sunandar menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah mengupayakan agar ATM dari luar negeri bisa melakukan transaksi di BSI.

“Saat ini BSI sedang memproses izin Acquirer mesin ATM dari VISA agar seluruh mesin ATM BSI dapat melayani penarikan uang tunai dari Kartu ATM milik bank-bank luar negeri,” kata Wisnu, Sabtu (27/8).

Baca: Tak Ada Bank Konvensional, Wisatawan Asing di Aceh Kesulitan Tarik Uang di ATM

Kata dia, saat ini BSI hanya memiliki izin issuer kartu seperti Kartu Debit VISA BSI yang dapat digunakan untuk menarik uang dari mesin-mesin ATM berlogo VISA di luar negeri.

Kemudian Kartu Kredit Syariah Mastercard BSI (Hasanah Card) juga dapat digunakan worldwide. “Mesin EDC merchant BSI yg saat ini tersebar di seluruh Aceh dapat digunakan utk transaksi non tunai dari kartu yg berlogo VISA dan Mastercard,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta semua pihak agar bisa mensupport BSI agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh nasabah.

Sebelumnya, video wisatawan asing asal Australia yang curhat dan mengeluh lantaran kesulitan menarik uang tunai di sejumlah ATM saat berwisata di Aceh beredar luas di berbagai media sosial.

Sebab, kartu ATM mereka tidak bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang di mesin Bank Aceh Syariah (BAS) dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Alhasil, wisatawan asing itu terpaksa meminjam uang kepada rekan mereka lantaran kehabisan uang tunai untuk kebutuhan makan dan lainnya.

“Saya dalam perjalanan bersama mereka, jadi ATM mereka tidak bisa digunakan disini, jadi mereka (wisatawan) terpaksa menggunakan uang kami untuk kebutuhan,” kata Fendra, warga Aceh yang ikut mendampingi wisatawan tersebut.

Related posts