Gedung Sekolah SMK di Abdya Diduga Jadi Sarang Maksiat dan Transaksi Narkoba

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelautan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Gampong Suak Nibong kecamatan Tangan-Tangan diduga sering digunakan sebagai tempat transaksi Narkoba dan orang-orang berbuat maksiat.

Gedung yang dibangun tahun 2012, dengan menyerap anggaran mencapai Rp 1,2 miliar, hingga kini belum difungsikan. Diduga menjadi faktor yang cocok tempat ini menjadi lokasi berbuat maksiat dan transaksi narkoba.

“Ini sangat disayangkan Gedung sekolah dibangun di atas lahan seluas hampir 2 hektare, terdiri sejumlah ruang belajar dan ruang perkantoran ini sudah menjadi seperti tak bertuan,” kata Keuchik Suak Nibong, Adami US, Kamis (1/9).

“Kami berharap sekolah tersebut dijadikan sebagai sekolah Menengah Atas saja, karena secara pelaksanaan dan pembiayaan SMA lebih hemat dari membangun SMK, atau dijadikan sekolah MAN, apalagi minat warga untuk bersekolah di MAN lebih tinggi,” terang Adami

Lebih parahnya lagi, kata Adami, pihak pemerintah selalu beralasan jika sekolah tersebut tidak jelas statusnya. “Provinsi mengatakan itu aset Kabupaten, pihak Kabupaten mengatakan itu haknya propinsi, jadi sepertinya tak bertuan,” imbuhnya.

Terkait hal itu, pihaknya juga sudah pernah menyurati DPR-K Abdya, namun sejauh ini belum juga ada tindak lanjut. “Intinya kami masyarakat di kemukiman Bineh Krueng sangat berharap sekolah ini di fungsikan,” tegas Adami US.

Dengan kondisi sekolah saat ini tidak terawat, lanjutnya, warga sangat berharap jika pemerintah tidak serius menangani persoalan ini maka pemerintah untuk menghibahkan gedung tersebut ke Gampong Suak Nibong.

“Hibahkan ke kami saja, agar bangunan tersebut dapat kami jadikan sebagai tempat usaha peternakan dan pertanian,” tegas Adami US.

Pada kesempatan itu, Adami US optimis Penjabat (Pj) Bupati Abdya saat ini dengan latar belakang sebagai pendidik dapat memberikan perhatian serius untuk persoalaan nasib bangunan sekolah terbengkalai di Gampong Suak Nibong.

Related posts