MIA, Rapper Asal London Kombinasikan Musik Hip-hop dengan Tari Ratoh Jaroe

(KANALACEH.COM) – Rapper kelahiran London, Inggris, Mathangi ‘Maya’ Arulprasam atau yang disapa oleh fansnya dengan sebutan M.I.A, mengunggah sebuah video pendek yang mengkombinasikan musik rap dengan tarian asal Aceh yaitu Ratoh Jaroe di akun Instagram miliknya @miamatangi.

Penyanyi penerima berbagai penghargaan bergengsi di dunia ini seperti penghargaan dari MTV Video Music Awards hingga Grammy Awards ini, mengunggah video tersebut pada Kamis, 1 September 2022.

Dari video yang berdurasi 1 menit 30 detik itu, MIA menampilkan sekitar 37 detik video tarian Ratoh Jaroe yang diperankan sekitar 20 penari lengkap dengan busana adat Aceh. Video Tarian Ratoh Jaroe itu diketahui berlokasi di helipad Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Hingga Jumat, 2 September 2022, video tersebut sudah disukai 16 ribu orang dan mendapat komentar positif sebanyak 570 orang. MIA juga mendapat sambutan positif dari netizen terkait video tersebut.

Sebagian netizen justru menyarankan MIA untuk menjadikan postingan itu sebagai cover album. “Post the hq album cover (posting sampul album terbaik),” kata seorang netizen dengan akun @trevorhacker.

“Drop the album queen,” ujar pemilik akun @blossumss

Kemudian netizen juga memuji kombinasi tarian khas Aceh itu dengan alunan musik khas MIA yang begitu nikmat di dengar.

“This sounds so good omg,” ujar akun @reveena_aurora

Dikutip dari beberapa sumber, MIA merupakan perempuan keturunan dari Sri Lanka. Lagu-lagunya berisi komentar politik dan sosial yang menggugah tentang imigrasi, peperangan, dan identitas di dunia yang terglobalisasi.

Musiknya menggabungkan unsur-unsur alternatif, tari, elektronik, hip hop dan musik dunia dengan instrumen dan sampel eklektik.

Setelah merilis lagu tahun 2008 yang menular “Paper Planes”,Time menempatkannya dalam daftar 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2009.

Dia dinominasikan untuk dua penghargaan Grammy, dan dia bahkan mendapatkan nominasi Oscar untuk kolaborasinya dengan komposer A.R. Rahman (penyanyi Tamil, India) untuk sebuah lagu di Slumdog Millionaire.

Related posts