Bakri Siddiq Ingin Film Karya Anak Aceh Tonjolkan Kearifan Lokal

Bakri Siddiq Ingin Film Karya Anak Aceh Tonjolkan Kearifan Lokal. (dok Humas Pemko Banda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dunia perfilman di Aceh terus bergerak. Berbagai karya film muncul dan terus hadir dari sejumlah filmmaker di Bumi Serambi Mekkah, salah-satunya film Surat Kaleng 1949 karya Sutradara Fauzan Santa yang mengisahkan sejarah nasionalisme masyarakat Aceh terhadap perjuangan Indonesia pada awal revolusi.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq menyambut baik aktifnya insan perfilman Aceh yang terus melahirkan karya-karya mereka. Kemudian ia berpesan agar nilai-nilai kearifan lokal dapat ditonjolkan dalam film-film karya anak-anak Aceh.

Pesan tersebut ia sampaikan saat menjamu makam malam panitia Aceh Film Festival, Senin (19/9) di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan ini, Bakri Siddiq mengatakan Aceh memiliki tiga keunggulan, yakni religi, tangguh, setia. Ketiga karakter istimewa masyarakat Aceh itu dapat ditonjolkan lewat karya-karya sinema.

“Tentu kita harus bangga jadi orang Aceh. Bisa kita ungkapkan kebanggaan itu lewat karya-karya, kalau insan film, ya lewat karya sinema dimana keunggulan Aceh baik dari sisi religius, tangguh hingga kesetiaan terhadap republik juga ditampilkan,” kata Bakri Siddiq.

“Kearifan lokal dari sisi budaya Aceh juga ditampilkan, ini perlu agar tidak budaya kita terkikis oleh kemajuan zaman,” tambah Bakri Siddiq.

Lanjutnya, ketika karakter masyarakat Aceh itu ditampilkan dalam karya-karya film tentu akan menjadi sebuah sarana membangkitkan kembali motivasi untuk terus melestarikan kearifan lokal tersebut.
Jamuan makan malam, selain dihadiri panitia Aceh Film Festival, juga hadir para insan film Aceh yang tergabung dalam komunitas Aceh Documentary.

Dalam kesempatan ini hadir juga Teuku Rifnu Wikana dan Direktur AFF Jamaluddin Phonna beserta sejumlah panitia AFF.

Jamaluddin Phonna pada kesempatan tersebut mengaku terharu diundang untuk makan malam bersama dan bersilaturahmi dengan PJ wali kota beserta jajaran.

Related posts