Sri Mulyani Sudah Amankan Rp 156 T Untuk THR dan Gaji ke-13 PNS 2023

Menkeu lapor gaji baru PNS ke Presiden, bocoran kenaikannya?
Dokumentasi - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengisi kuliah umum bertemakan Peran Fiskal Dalam Membangun Perekonomian Insklusif di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (5/1). (Kanal Aceh/Aidil Saputra).

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengamankan anggaran Rp156,4 triliun di RAPBN 2023 untuk membayar THR dan gaji ke-13 PNS, TNI, Polri serta pensiunan tahun depan.

Informasi itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata. Anggaran itu katanya, juga digelontorkan untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

“Juga untuk pemenuhan kewajiban pemerintah selaku pemberi kerja melalui pembayaran iuran Jamkes, JKK, JKM, bagi ASN, TNI, Polri,” ujarnya dalam rapat Badan Anggaran, Selasa (20/9).

Selain untuk keperluan itu, anggaran juga digunakan untuk pemenuhan komitmen internasional melalui kontribusi pemerintah Indonesia kepada organisasi atau lembaga internasional.

Kemudian, anggaran juga akan digunakan untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur melalui penyiapan fasilitas dan dukungan kelayakan proyek skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Lalu, anggaran akan digunakan untuk pembayaran biaya operasional penyelenggaraan manfaat pensiun, dan pembayaran selisih harga beras Bulog. Dalam hal ini, kompensasi atas harga beras yang dijual lebih murah oleh Bulog saat operasi pasar.

Terakhir, dana ini bakal digunakan untuk penggantian biaya dan margin investasi pemerintah yang dilaksanakan pada 2023 mendatang.

“Untuk program yang kita namakan pengelolaan transaksi khusus anggarannya disediakan Rp156,4 triliun,” pungkasnya. [CNN]

Related posts