Ketua PDIP- Aceh Kagum Dengan Kawasan Teluk Surin Abdya

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Tepat dua bulan menjabat Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H Darmansah, SPd melakukan safari mengelilingi wilayah barat bumo breh sigupai menuju teluk surin kecamatan Kuala Batee.

Acara yang bertajuk kunjungan kerja kewilayah perkebunan sawit hingga ke kawasan ekonomi khusus (KEK) teluk surin itu di dampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Aceh dan Ketua DPC PDI Perjuangan Abdya. Sabtu (15/10)

Dalam rombongan juga hadir Kajari Blangpidie, Dandim 0110 Abdya, Waka Polres Abdya, Sekda Abdya dan sejumlah dinas terkait dengan KEK Teluk Surin.

H Darmansah yang baru pertama berkunjung ke wilayah itu merasa takjub dan kagum melihat kawasan yang begitu indah apalagi sepanjang perjalanan dari Blangpidie menuju ke surin yang menempuh perjalanan hampir 1,5 jam itu di penuhi hamparan pohon sawit di kiri kanan jalan.

Sambil menikmati makan siang bersama rombongan dipinggir laut samudera Indonesia yang berbatasan dengan India dengan udara yang tidak begitu panas siang kemarin menambah nikmat hidangan gulai kambing dan bebek khas Bagian Umum Setdakab.

Bukan saja Pj bupati abdya, tetapi Ketua PDI Perjuangan Aceh juga sangat terkejut dengan lokasi teluk surin dan kawasan lahan yang begitu luas.

“Ini daerah sangat bagus, tinggal dikembangkan sudah jadi pelabuhan, sebutnya.

Daerah yang dikunjungi itu sebenarnya sudah disiapkan oleh pemerintah sebelumnya sebagai rencana lokasi pembangunan pelabuhan dan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KeK) halal barsela.

Untuk mendukung kawasan kek halal barsela, seluruh dokumen sudah dirampungkan termasuk laham yang dibebaskan juga sudah tersedia.

Sebelum menuju laut Surin, pj bupati juga singgah di lahan pembibitan milik pemkab Abdya. Kawasan lahan sawit itu sebelumnya digunakan untuk pembibitan sawit rakyat.

Sementara setelah dari teluk surin, pj menyempatkan singgah di lokasi pabrik sawit PKS milik pemkab yang terbengkalai karena hanya dibagun rumah tempat PKS.

Disana darmansah bersama rombongan menyempatkan melihat lokasi yang sekarang digunakan warga sekitar untuk menanam jagung.

Akhir dari safari pj untuk pertama kali itu singgah di pukesmas babahrot mengunjungi warga Pante Rakyat yang sedang dirawat pasca di pulangkan dari dumai karena sakit berat.

Related posts