Diperintah Jokowi, Menteri PUPR Tinjau Tanggul Sungai Keureutoe yang Jebol

Diperintah Jokowi, Menteri PUPR Tinjau Tanggul Sungai Keureutoe yang Jebol. (ist)

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Ir M Basuki Hadimuljono didampingi oleh Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki meninjau langsung lokasi tanggul sungai Krueng Keureutoe yang jebol dihantam banjir, Selasa (18/10).

Basuki Hadimuljono meninjau tanggul yang rusak di Gampong Mancang Kecamatan Lhoksukon, yang saat ini sudah mulai ditangani dengan alat berat. Tanggul tersebut jebol digasak luapan air sungai Krueng Keureutoe pada awal Oktober kemarin.

Menteri Basuki langsung meninjau lokasi tanggul yang rusak di bibir sungai Krueng Keureutoe. Berbicara dengan beberapa staf dan melihat gambar sketsa teknis yang disiapkan oleh jajarannya terkait dengan rencana pembangunan kembali tanggul dimaksud.

Di lokasi itu Menteri Basuki juga meninjau titik tanggul yang kritis digerus arus sungai, seraya memastikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya segera membangun kembali, agar masyarakat kawasan DAS Keureutoe terhindar dari bencana banjir pada musim hujan akhir tahun ini.

Pihaknya juga menerima laporan bahwa selain di Gampong Mancang, terdapat tiga lokasi lain tanggul jebol akibat banjir kawasan Lhoksukon, yaitu di Gampong Jok dan Gampong Manyang yang juga akan ikut ditangani tahun ini.

Basuki Hadimuljono menyatakan pihaknya berkunjung ke lokasi banjir Aceh Utara atas perintah Presiden. Begitupun, pihaknya minta maaf kepada masyarakat karena baru saat ini bisa berkunjung.

“Maaf, saya baru hari ini bisa ke sini, atas perintah Presiden. Alhamdulillah, banjir sudah surut,”

“Menurut laporan yang saya terima, ada empat titik jebol tanggul akibat banjir di sini. Ini sudah kita datangkan alat berat ke lokasi ini. Ini yang di sini, mudah-mudahan dalam minggu ini selesai. Kita tangani dengan menutup dulu titik-titik tanggul yang jebol ini,” katanya.

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melihat langsung lokasi bencana banjir di Aceh Utara, khususnya di Lhoksukon.

“Sebelumnya, kita sudah laporkan langsung tentang bencana banjir ini kepada Pak Menteri, dan Alhamdulillah hari ini Pak Menteri PUPR sudah datang langsung ke sini. Kita harapkan penanganan darurat bencana, terutama tanggul sungai yang rusak dapat segera selesai,” kata Azwardi.

Usai meninjau Gampong Mancang Kecamatan Lhoksukon, selanjutnya rombongan Menteri PUPR bergerak ke kawasan Kabupaten Aceh Timur untuk meninjau pembangunan jaringan irigasi Langkahan – Arakundoe sayap kanan yang didanai dengan APBN.

Related posts