PJ Bupati Abdya Tinjau Irigasi Panto Tungku di Desa Kota Bahagia Yang Rusak Berat

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Penjabat bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah meninjau bendungan irigasi panto tungku yang terletak di Desa Kota Bahagia kecamatan Kuala Bate yang ambruk diterjang banjir. Kamis (3-11-2022)

Dalam tinjauannya itu Darmansah menyampaikan bahwa irigasi ini sudah harus di perbaiki secepatnya dikarenakan bendungan ini merupakan sumber air untuk sawah masyarakat lima Desa.

” Ini harus di bangun baru mengingat tingkat kerusakanya sudah sangat parah”. Katanya

Darmansah pun memerintahkan kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Abdya (PUPR) melalui pegawai dinas tersebut untuk memberikan perhatian khusus terkait irigasi ini.

Anggota Dewan Perwakilan Kabupaten (DPRK) Zulfan menyebutkan, Bendungan irigasi desa Kota Bahagia harus disikapi secara serius karena bendungan ini mengaliri ke enam Desa seperti Desa Gelanggah gajah,Desa pasar kotabahagia,Desa Blang Makmur,Desa Kuala tereubu,Desa pasar kotabahagia dan Desa panto Cut.

” Akibat irigasi ini jebol, sebagian lahan persawan masyarakat sudah beralih fungsi. Lanjutnya, jika dulu tanam padi kini mereka harus tanam jagung karna kendali air”. Sebutnya

Aweng sapaan akrabnya juga menyebutkan, dalam waktu dekat dia akan mangajak dinas PU kelokasi serta konsultan untuk menghitung jumlah anggaran yg dibutuhkan.

Sementara itu geuchik Desa Kota Bahagia, Abit Sekdes berharap kepada pemerintah agar bendungan tersebut segera di perbaiki, mengingat bendungan tersebut sumber air bagi petani di daerah Gampong mereka dan sekitar.

” Irigasi ini sudah lama ambruk dan sekarang semakin parah. Jika tidak segera ditangani maka ini akan menjadi musibah besar”.(*)

Related posts