Surat Bimtek Keuchik di Abdya Kembali Beredar, Kuras Anggaran Desa Rp 912 juta

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Surat Bimbingan teknis (Bimtek) aparatur Desa kembali bergentayangan di media sosial khususnya di Aceh Barat Daya (Abdya). Jum’at (4-11-2022)

Bimtek itu akan dilaksanakan di Hotel Grand Arabia Blang Padang Kota Banda Aceh yang akan diikuti oleh 152 gampong dikabupaten itu.

Bedasarkan informasi yang diperoleh, bentuk kegiatan tersebut yaitu Pelatihan Siskeudes yang di fasilitasi oleh Lembaga Pemberdayaan dan Pembangunan Ekonomi Desa (LP2D).

Dalam surat itu, setiap gampong akan mengeluarkan uang senilai Rp 6 juta untuk satu orang perwakilan. Sehingga apabila ditotalkan 152 gampong mengikuti pelatihan Siskeudes akan menguras Dana Desa (DD) senilai Rp 912 juta.

Kegiatan pelatihan itu akan berlangsung selama 8 hari yang akan dibagi dua gelombang diantaranya gelombang I akan mengikuti pelatihan mulai tanggal 11-14 November dan gelombang II sejak tanggal 21-24 November.

Masih berdasarkan dokumen LP2ED, untuk gelombang I pelatihan akan diikuti oleh Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-tangan dan kecamatan Susoh. Sementara gelombang II, diikuti oleh peserta dari kecamatan Blangpidie, Setia, Babahrot, Kuala Batee dan kecamatan Jeumpa.

Selain itu juga ,informasi yang diperoleh dari salah seorang Keuchik, pihaknya belum menerima secara resmi surat dari lembaga LP2ED, namun pemberitahuan melalui group WhatsApp forum Keuchik sudah mulai beredar.

“Sepertinya 152 gampong akan mengikuti pelatihan Siskeudes ini dengan terbagi dua tahap. Pelatihan ini hanya untuk operator gampong yang mengelola Siskeudes desa, akan tetapi ini masih wacana karena keputusan final nya kita belum terima,” ungkapnya Keuchik yang tidak mau disebutkan namanya itu. (*)

Related posts