Wedding Culture Expo Bantu Perekonomian Pelaku Ekraf Aceh

Wedding Culture Expo Bantu Perekonomian Pelaku Ekraf Aceh. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui Bidang Sejarah dan Nilai Budaya menggelar Wedding Culture Expo 2022 selama dua hari, 8-9 November 2022 di Amel Convention Hall, Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal yang diwakili Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya, Evi Mayasari menyampaikan, Wedding Culture Expo merupakan upaya dari Disbudpar Aceh untuk menjaga dan melestarikan peninggalan dari leluhur.

“Seiring dengan perkembangan zaman mulai terjadi perubahan-perubahan, seperti begitu banyaknya ragam kreasi pada acara upacara perwakinan atau pelaminan yang tidak dapat kita hindari,” ujar Evi.

Menurutnya, dengan hadirnya kegiatan ini masyarakat paling tidak dapat mengetahui bentuk asli dari setiap pelaminan adat yang ada di Aceh.

“Dan malam ini ada delapan pelaminan yang akan di tampilkan dan juga malam ini akan merasakan suasana wedding atau upacara perkawinan,” sebut Evi.

Evi berharap melalui kegiatan ini, selain melestarikan ragam hias ataupun yang berkaitan dengan kebudayaan Aceh, dapat melibatkan seluruh stakeholder dalam bidang wedding baik nanti ada fotografer, para penjual souvernir dan lain sebagainya, sehingga bisa menggerakkan perekonomian dari masing-masing UMKM tersebut.

“Oleh karenanya, kita berharap kegiatan ini nantinya dapat terus dilaksanakan sehingga bisa memberikan lapangan pekerjaan baru bagi UMKM atau komunitas yang bergerak pada bidang wedding,” tambah Evi.

Terakhir Evi menyebutkan, ada beberapa kegiatan yang nantinya berlangsung selama dua hari pada acara tersebut, diantaranya lomba lagu solo Aceh atau wedding singer, lomba fashion show dan lomba make up tradisional.

Related posts