Ingin Kabur ke Medan, Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Ditangkap

Panjat Pagar, 8 Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Kabur. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polres Lhokseumawe berhasil mengamankan pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh Utara yang kabur dari tempat pengungsian.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto mengatakan, imigran Rohingya tersebut ingin melarikan diri ke Medan, Sumatera Utara.

“Pengungsi Rohingya ini hendak menuju Medan, Sumatera Utara,” ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, Rabu (14/12).

Kronologis kejadian, lanjutnya, personel Polsek Blang Mangat, Polres Lhokseumawe menerima laporan dari pihak UNHCR, bahwa pada Selasa (13/12) kemarin sebanyak 23 pengungsi Rohingya terdiri dari 10 laki – laki dan 13 perempuan melarikan diri dari penampungan sementara di Ex Kantor Imigrasi, Desa Ule blang mane kec. Blang mangat, Kota Lhokseumawe.

“Lalu kita melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan 10 orang terdiri dari 8 laki – laki dan 2 perempuan, pada rabu (14/12) dini hari pukul 05.30 WIB di Lhoksukon,” pungkas Kapolres.

Sebelumnya, mereka dijemput oleh tiga orang dengan menggunakan bus mobil jumbo dan mobil avanza dengan tujuan transit Tanjung Balai dan selanjutnya menuju Malasyia.

Kemudian, kata AKBP Henki Ismanto, 3 orang yang menjemput tersebut serta 10 warga rohingnya yang dibawa dari penampungan sementara berhasilkan diamankan dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolres Lhokseumawe untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Related posts