Harga Cabai Turun, Sejumlah Bahan Pokok di Abdya Melambung

Blangpidie (Kanalaceh.com) – Para pedagang di pasar tradisional Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) mulai hari ini serentak menjual cabai dengan harga Rata-rata Rp 36 ribu perkilogram.

Harga tersebut turun bila dibandingkan harga cabai sebelumnya yang mencapai Rp 40 ribu perkilogram. Turunnya harga cabai diakui pedagang lantaran tingkat produksi dan pasokan dari sejumlah daerah sentra cukup melimpah.

Harga cabai merah di pasar tradisional Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) turun menjadi Rp36 ribu per kilogram. Sabtu (24/12/2022).

Fahmi salah satu pedagang menyebutkan, turunnya harga itu disebabkan banyaknya ketersediaan cabai di pasar.

“Turunnya harga cabai merah juga disebabkan banyaknya pemasok, namun minat pembeli tergolong ramai. Cabai merah ini kita pasok dari Medan, Gayo Lues dan ada juga dari daerah,” ujarnya.

Di menjelaskan bahwa cabai rawit kualitas super masih dijual Rp60 ribu per kilogram dan harga ini sudah bertahan sejak tiga bulan yang lalu.

“Sedangkan cabai rawit kualitas biasa kita jual dengan harga Rp40 ribu per kilogram. Sementara bawang putih Rp25 ribu perkilo.

Harga bahan pokok lainnya, seperti tomat mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 8 ribu kini naik menjadi Rp18 ribu per kilogramnya.

“Naiknya harga tomat disebabkan kurangnya pemasok dan apalagi menjelang tahun baru. Meskipun harga tomat naik”. (*)

Related posts