Konsumsi BBM di Aceh Mulai Meningkat, Pertamina: Stok Masih Aman

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Memasuki libur tahun baru sejumlah SPBU di Banda Aceh mengalami antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar.

Pantauan di sejumlah SPBU di Banda Aceh, antrean itu sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Pare pengendara, rela untuk antre agar bisa mengisi BBM.

Meski demikian, Pertamina memastikan untuk Aceh stok BBM aman hingga tahun ini. Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, konsumsi energi diprediksi akan naik karena meningkatnya mobilitas masyarakat jelang atau sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kebutuhan BBM di Aceh, konsumsi Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) diperkirakan meningkat sebesar 8 persen atau 1.741 KL menjadi 1.891 KL per hari. Sementara konsumsi Gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 3 persen atau 1.121 KL menjadi 1.155 KL per hari.

Peningkatan juga diprediksi terjadi untuk konsumsi LPG sekitar 1 persen atau 368 Metrik Ton (MT) menjadi 373 MT per hari. Proyeksi ini dibandingkan sales normal harian.

Satria mengatakan, ketahanan stok seluruh produk BBM di atas 10 hari, LPG di level 20 hari, Avtur di 61 hari dan terus diproduksi. Stok BBM, LPG serta Avtur  dipastikan aman dan lancar. Stok ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan stok yang sedang berjalan dari kapal tanker.

“Kami tegaskan masyarakat tidak usah khawatir karena stok BBM dan LPG dalam keadaan aman dan lancar. Kami akan memonitor terus-menerus sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG dapat terpenuhi,”

“Sehubungan dengan stock, stock ini adalah stock berjalan pada hari ini atau belum termasuk muatan dari kapal tanker dan pasokan dari kilang yang setiap hari memasok ke sarfas-sarfas Pertamina,” ucapnya.

Related posts