Pengungsi Rohingya Banyak yang Kabur dari Aceh, UNHCR: Itu Keputusan Mereka

Panjat Pagar, 8 Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Kabur. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) menyebut banyak imigran Rohingya yang kabur dari kamp pengungsian di Aceh, merupakan keputusan mereka sendiri.

Legal Associate UNHCR, Dovio Alfath menjelaskan, pihaknya tidak memandang bahwa pengungsi Rohingya itu kabur dari kamp. Melainkan itu sebuah keputusan para Rohingya yang ingin mencari tempat lain.

“Itu tidak kami pandang melarikan diri. Ketika mereka memutuskan untuk pergi ke tempat lain, itu memang keputusan mereka,” kata Dovio kepada wartawan, Senin (9/1).

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini hanya fokus memberikan konseling dan informasi agar pengungsi Rohingya itu tidak melakukan perjalanan yang tidak resmi, karena bisa membahayakan mereka sendiri.

“Yang kami lakukan disini adalah kami terus memberikan konseling dan memberikan informasi dan pengetahuan agar mereka itu tidak melakukan perjalanan yang tidak resmi yang itu bisa membahayakan mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya tetap terus menjalin koordinasi dengan Pemerintah di level daerah hingga pusat serta aparat keamanan untuk menangani pengungsi Rohingya tersebut.

Related posts