Siswa di Bireuen Dilarang Bawa Lato-lato ke Sekolah

(Foto: Dok, MI)

Bireuen (KANALACEH.COM)  – Siswa dari tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dilarang untuk membawa mainan lato-lato ke lingkungan sekolah.

Aturan larangan itu dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bireuen menanggapi banyaknya siswa yang membawa lato-lato hingga mengganggu kegiatan belajar.

Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin mengatakan, aturan itu sudah dikeluarkan melalui Surat Edaran Resmi Nomor: 425.1/114 yang mulai berlaku 9 Januari 2023.

Kata dia, pihaknya melarang siswa-siswi membawa alat permainan lato lato ke lingkungan satuan pendidikan yang ada di Bireuen.

“Karena alat permainan tersebut rentan pecah dan putus tali sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera bagi yang bermain maupun teman didekatnya,” kata Al Muttaqin dalam keterangannya, Selasa (10/1).

Untuk keamanan dan kenyamanan, pihaknya berharap agar orang tua murid bisa memberi pengertian ke anaknya bahwa mainan tersebut bisa membahayakan dan agar tidak membawa lato-lato ke sekolah.

“Karena ini juga dapat mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah, permainan lato-lato sudah banyak memakan korban sampai ada yang cidera, semoga ini tidak terjadi di Kabupaten Bireuen,” ujarnya.

Related posts