Data BPS, Penduduk Miskin di Aceh Bertambah 11 Ribu Orang

(foto: Okezone)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aceh menduduki peringkat pertama angka kemiskinan se-Sumatera. Persentase penduduk miskin Aceh pada periode September 2022 mencapai 818 ribu orang atau 14,75 persen, meningkat 0,11 persen poin dibandingkan sebelumnya.

Perhitungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, penduduk miskin di daerah itu bertambah 11 ribu orang dibandingkan Bulan Maret 2022 jumlahnya 14,64 persen.

Baca: DPRA Ingatkan Gubernur Aceh Terkait Kemiskinan dan Target RPJMA

“Jumlah penduduk miskin pada September 2022 sebesar 818 ribu orang, meningkat 11 ribu orang,” kata Statistisi Ahli Madya BPS Aceh Dadan Supriadi dalam keterangannya yang dikutip Selasa (17/1/2023).

Dari hasil temuan BPS, faktor terbesar penyebab kemiskinan baik pada di tingkat perkotaan dan perdesaan di Aceh adalah komoditas makanan, yaitu beras dan ikan. Selain itu, rokok juga menjadi penyumbang utama kemiskinan di Aceh.

Sementara itu, GINI Ratio Aceh hanya sebesar 0,291 atau terendah ke 3 di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, saat ini Aceh masih bertahan sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatera.

Related posts