Sejumlah Daerah di Aceh Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Ilustrasi, banjir

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang tinggi melanda pesisir timur Aceh menyebabkan enam kabupaten terendam banjir. Masing-masing yaitu di Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie, Aceh Tamiang, Pidie Jaya dan Bireuen.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akibat banjir tersebut membuat 8.370 orang mengungsi karena rumah mereka terendam banjir. Mereka mencari tempat yang lebih aman seperti di musalla dan tenda pengungsian.

Wilayah terparah yaitu di Kabupeten Bireuen yang merendam 6 kecamatan di wilayah itu dan 4.665 orang mengungsi. Kemudian di Pidie, wilayah tergenang banjir mencapai 8 kecamatan dan 3.336 orang mengungsi.

Kepala BPBA, Ilyas mengatakan, selain menggenangi rumah warga, banjir juga merendam persawahan milik warga hingga merusak fasilitas public seperti jembatan. Rata-rata ketinggian air di sejumlah daerah bervarias mulai 50 cm – 80 cm.

“Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejumlah wilayah Aceh, sehingga menyebabkan banjir yang menggenangi rumah warga dengan ketinggian air 50 – 80 cm,” kata Ilyas, Minggu (22/1).

Sementara di Kabupaten Pidie, banjir terjadi akibat debit air di sungai Krueng Tiro, Kruang Paloh, Krueng Lala, Krueng Rubee dan Rukoh meluap hingga ke pemukiman warga serta merendam lahan pertanian warga.

Hingga saat ini, pihak BPBD setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah pengungsi yang diprediksi akan meningkat karena hujan disejumlah wilayah masih turun dengan intensitas lebat.

“Sejumlah wilayah masih tergenang banjir, hujan juga masih turun. Semua BPBD dalam posisi siaga dan siap melakukan evakuasi,” ujarnya.

Related posts