Pelajar Aceh di Turki Selamat dari Gempa

Gempa Turki. (Foto: AFP)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Ikatan Masyarakat Aceh Turki (IKAMAT), Muhammad Akbar Angkasa menyebut, belum ada laporan bahwa mahasiswa asal Aceh yang jadi korban gempa Turki yang terjadi kemarin, Senin (6/2).

Menurutnya, ada dua pelajar asal Tanah Rencong yang menempuh Pendidikan di Kahramanmaras saat ini. Namun keduanya dinyatakan selamat.

“Saya belum mendapatkan berita korban fisik gempa. İnşaAllah tidak ada. Ada dua pelajar Aceh di Kahramanmaraş yang akan dievakuasi oleh KBRI,” kata Akbar, Selasa (7/2).

Masyarakat Aceh secara umum yang tinggi di wilayah Barat Turki aman, kata dia, gempa di wilayah sana tidak begitu terasa.

“Masyarakat Aceh secara general yang tinggal di bagian Barat alhamdulillah tidak dilanda musibah gempa,” katanya.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara mencatat 500 warga negara Indonesia (WNI) berada di lokasi gempa Turki.

Melalui pernyataan, KBRI Ankara menuturkan wilayah utama yang terkena gempa berada di sekitar tenggara Turki yang berdekatan dengan perbatasan Suriah, meliputi 12 daerah yaitu; Adana, Adıyaman, Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Kilis, Şanliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan. Sejauh ini, KBRI Ankara mencatat 3 WNI di wilayah itu menjadi korban luka.

Related posts