Pemerintah Aceh Segera Galang Bantuan untuk Musibah Gempa di Turki

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki. (Foto: Antara)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, menyampaikan duka cita mendalam kepada seluruh korban dalam kejadian musibah gempa yang menimpa Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

“Duka cita terdalam saya dan seluruh masyarakat Aceh, untuk seluruh korban gempa di wilayah tenggara Turki dan utara Suriah. Segenap pikiran dan doa kami bersama untuk seluruh korban dan keluarganya,” kata Achmad Marzuki melalui Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, Selasa (7/2/2023).

MTA mengatakan, rasa duka mendalam ikut dirasakan, karena Aceh memiliki hubungan erat dengan Turki. Pada Tsunami 2004 lalu, Turki menjadi salah satu negara yang banyak membantu Aceh dari masa darurat hingga masa rekonstruksi pasca gempa dan tsunami.

Lebih lanjut, MTA mengatakan, berdasarkan instruksi Pj Gubernur, seluruh jajaran Pemerintah Aceh diminta untuk mengambil langkah penggalangan bantuan untuk Turki dan Suriah.

“Secara khusus koordinasi dengan Forkopimda Aceh dan para Bupati/Walikota sedang terus dilakukan sebagai bagian dari aksi kemanusiaan ini agar berjalan masif dan sukses,” kata MTA.

Ditambahkan MTA, bentuk dan mekanisme penggalangan bantuan atau donasi tersebut, akan segera dibahas sehingga nantinya disampaikan kepada masyarakat Aceh secara luas agar bisa ikut berpartisipasi.

Related posts