Lomba Cop Pukat dan Pawang Gurita Hibur Wisatawan Sabang Marine Festival

Lomba Cop Pukat dan Pawang Gurita Hibur Wisatawan Sabang Marine Festival. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM)  – Sebanyak tujuh peserta ikut merajut jaring atau kerap dikenal dengan cop pukat racing. Lomba ini merupakan salah satu rangkaian pelaksanaan Sabang Marine Festival (SMF) 2023, yang digelar di Tugu Merah Putih, Sabang, Sabtu (18/3).

Cop pukat merupakan salah satu aktivitas masyarakat nelayan dan digunakan sebagai alat mencari ikan di laut. Bagi masyarakat Sabang, cop pukat sudah menjadi kebiasaan saat tidak melaut.

Dalam cop pukat tersebut, pihak panitia memberikan benang dan jarum sebagai media untuk menjahit. Peserta yang notabenenya bapak-bapak itu kemudian mulai membuat pola dari benang tersebut.

Setelah itu, pola yang telah dibuat tadi langsung dirangkai dengan gerakan cepat. Tampak tangan-tangan peserta ini sangat telaten meliuk-liukkan jarum diantara ruang-ruang benang.

Selain lomba cop pukat, pada hari yang sama juga digelar lomba pawang gurita dan diikuti oleh sejumlah peserta baik lokal maupun luar Aceh.

Pada lomba ini, peserta diadu untuk menangkap gurita yang telah disediakan dalam kolam aqurium. Peserta diminta untuk menangkap gurita secara cepat dalam dua menit.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, menjelaskan bahwa lomba tangkap gurita dengan tangan kosong ini dibuat untuk mempromosikan kekayaan bahari Kota Sabang yaitu gurita yang juga menjadi salah satu ikon kuliner khas, sate gurita.

Reza Fahlevi menyampaikan, di Kota Sabang, gurita merupakan komoditas laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, gurita merupakan sumber penghasilan masyarakat Sabang.

“Disisi lain, di Indonesia sendiri gurita merupakan salah satu produksi perikanan yang menjadi komoditi dengan nilai tinggi,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi.

Kendati demikian, lanjut Reza, proses menangkap gurita sebaiknya memang diperhatikan agar tidak membahayakan bagi biota laut lain seperti karang.

“Perlombaan menangkap gurita ini salah satu upaya untuk mensosialisasikan teknik menangkap gurita dengan tangan kosong tanpa menggunakan tombak untuk tetap menjaga kelestarian dan keindahan biota laut yang dilindungi,” ucapnya.

Related posts