Harimau kembali Serang Ternak Warga di Aceh Timur

Harimau yang masuk ke pemukiman warga, ditangkap tim BKSDA. (Foto: BKSDA)

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Ternak milik Sofyanto (45) warga Gampong Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Aceh, Kabupaten Aceh Timur diduga dimangsa Harimau di Kebun PTPN Julok Rayeuk Selatan.

Peristiwa itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani, yang kebutulan melintas di wilayah itu. Dia melihat, seekor sapi ditemukan luka gigitan di badannya. Mengetahui hal itu, ia langsung melaporkan ke perangkat desa.

“Saksi mengecek ternyata ternak lembu tersebut baru saja diterkam oleh satwa liar jenis harimau. Selanjutnya ia melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak security PTPN Julok Rayeuk Selatan. Memperoleh informasi adanya hewan ternak warga diserang harimau, anggota kami langsung menuju ke lokasi bersama dengan perangkat Desa Panton Rayeuk T,” kata Kapolsek Banda Alam, Ipu Saidir, Senin (27/3).

Selanjutnya, pemilik ternak diminta untuk segera mengevakuasi ternaknya ke pemukiman warga untuk mencegah kembalinya satwa liar. Atas kemunculan harimau tersebut, Kapolsek mengimbau warga sekitar perkebunan untuk tidak melepas liarkan hewan ternaknya untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Warga yang memiliki hewan ternak juga diminta untuk lebih waspada saat akan mengembala atau melepas liarkan hewan ternaknya, serta lebih teliti terhadap kondisi kandang, karena dikhawatirkan, hewan buas yang dilindungi itu, saat ini masih berkeliaran di sekitar lokasi.

“Kita harap warga selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan aktifitas di luar rumah atau berpergian, terutama pada saat malam hari,” ujarnya.

Related posts