Wings Air Buka Kembali Penerbangan Kualanamu – Rembele Bener Meriah

Pesawat Wings Air. (Viva)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – PT Wings Abadi Airlines (Wings Air) kembali melayani penerbangan komersial berjadwal dari Bandara Internasional Kuala Namu, Medan (KNO) ke Bandar Udara Rembele, Takengon (TXE) Bener Meriah mulai 14 Juni 2023.

Diaktifkannya pesawat ATR 72 berkapasitas 72 seat tersebut, guna mendukung konektivitas wilayah tengah Provinsi Aceh dan sekitarnya. Penerbangan tersebut, sempat terhenti namun kembali diaktifkan dengan jadwal penerbangan seminggu tiga kali.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele, Rahmat Subhan Fajri mengatakan, kepastian pelayanan penerbangan tersebut, sesuai dengan surat yang diterima pihak Bandar Rembele dari Airport Manager Wings Air TXE.

Surat dengan nomor : 004/TXE-KK/V/2023 tanggal 26 Mei 2023, perihal pemberitahuan re-operate periode Juni 2023 Wings Air. Penerbangan Wings Air tersebut dijadwalkan akan melayani penerbangan setiap hari Rabu, Jum’at dan Minggu dengan waktu penerbangan, Kualanamu (KNO) – Rembele (TXE) pukul 10.30 WIB dan Rembele (TXE) – Kualanamu (KNO) pukul 11.55 WIB.

Rahmat Subhan Fajri menambahkan, pihaknya selaku pengelola Bandar Udara Rembele menyambut gembira dengan dibukanya kembali layanan penerbangan berjadwal dari Kualanamu ke Bandara Rembele.

“Tentu penerbangan ini, dapat membantu masyarakat, pengusaha dan juga kelancaran roda pemerintahan. Sebelumnya, transportasi masyarakat di wilayah tengah Aceh itu, hanya memanfaatkan jalur darat setelah penerbangan Wings Air terhenti,” jelasnya.

Dia juga mengharapkan, dengan adanya penerbangan berjadwal Wings Air, bisa juga memudahkan orang untuk datang dan berkunjung ke dataran tinggi Gayo Aceh. “Baik untuk perjalanan wisata, bisnis, investasi maupun para buyer yang ingin berkunjung atau hanya sekadar ngopi di Gayo,” harapnya.

Disisi lain dengan beroperasinnya penerbangan komersial di Bandara Rembele ini, sehingga dapat membantu kelancaran even even yang akan diselenggarkan di Kabupaten Bener Meriah maupun Aceh Tengah, salah satunya momen Kongres Nasional ke-2 Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Selanjutnya, pada pada tahun 2024 mendatang akan diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, menjadi bagian dari venue (lokasi) penyelenggaraan Cabor PON, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 426.2/990/2022 tentang penetapan venue cabang olahraga.

Untuk menyukseskan even tersebut, lanjut Rahmat, Bandar Udara Rembele juga bersiap untuk mensukseskan pagelaran even olahraga terbesar se Nusantara yang direncanakan Aceh Tengah dan Meriah menjadi venue Cabor Berkuda, Triatlon, Gantole dan Paralayang.

“Harapan kami, dengan adanya penerbangan ini, akan meningkatkan kembali minat masyarakat untuk bepergian dan datang ke Gayo dengan memanfaatkan transportai pesawat udara. Naik pesawat itu, aman dan menyenangkan serta dapat menghemat waktu perjalanan,” pungkas Rahmat.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bener Meriah, Armansyah menyambut baik atas kembali beroperasinya layanan penerbangan Wings Air dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Rembele serta sebaliknya sehingga akses menuju wilayah tengah Aceh, dapat juga ditempuh melalui jalur udara.

“Tentu, Pemkab Bener Meriah, menyambut positif dengan adanya penerbangan komersial ini, sehingga ada pilihan sarana transportasi. Hal ini, juga akan memberikan pengaruh besar terhadap roda perekonomian wilayah tengah Aceh, terutama di sektor pariwisata serta pemerintah,” kata Armansyah. []

Related posts