Kakanwil Kemenag Luncurkan Dua Gampong Moderasi di Aceh Barat

Kakanwil Kemenag Luncurkan Dua Gampong Moderasi di Aceh Barat

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Azhari resmi meluncurkan dua gampong moderasi di Kabupaten Aceh Barat.

Dua kampung moderasi yang diluncurkan di Aceh Barat yaitu Gampong Kuta Padang dan Gampong Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan.

Peluncuran tersebut ditandai dengan pembukaan tirai oleh Kakanwil bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Samsul Bahri SAg di Balai Desa Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (21/6/2023).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Azhari mengapresiasi Kankemenag Kabupaten Aceh Barat dan unsur lainnya yang berinisiasi untuk membentuk kampung moderasi di Kabupaten Aceh Barat.

Azhari menyampaikan, terbentuknya kampung moderasi karena adanya kehidupan masyarakat yang majemuk yang saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain.

Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung.

Ia menjelaskan, moderasi beragama berarti di tengah-tengah, artinya tidak ekstrim kanan dan tidak ekstrim kiri. Moderasi beragama bukan berarti memoderatkan agama, karena agama sudah cukup moderat.

Tetapi moderasi beragama bertujuan untuk memoderatkan pemikiran masyarakat dalam menjalankan kehidupan beragama yang saling menghargai perbedaan. Moderasi beragama hanya sebatas saling menghargai perbedaan, namun tidak mencampuradukkan akidah dan ibadah dengan agama lain.

“Terkait akidah dan ibadah, itu urusan masing-masing,” ujarnya.

Azhari mengimbau kepada Penghulu dan Penyuluh Agama untuk menyampaikan pemahaman moderasi beragama kepada masyarakat, agar tidak disalahartikan.

“Islam sebagai rahmatan lil alamin, yang memberikan kesejukan untuk sekalian umat,” kata Azhari.

Sebelumnnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Samsul Bahri SAg menjelaskan, pemilihan kedua gampong tersebut sebagai kampung moderasi karena kehidupan masyarakat yang beragam, baik keberagaman agama, etnis maupun adat dan budaya.

“Walaupun beragam, tetapi keharmonisan tetap terjaga,” kata Samsul.

Samsul berharap, dengan diluncurkannya dua Kampung Moderasi tersebut, keberlangsungan moderasi di Kabupaten Aceh Barat berjalan dengan baik sebagaimana harapan pemerintah.

Related posts