Massa Demo Bea Cukai Langsa, Minta Mafia Sindikat Rokok Ilegal Diproses Hukum

Langsa (KANALACEH.COM) – Puluhan warga melakukan unjuk rasa di kantor Bea Cukai (BC) Langsa untuk meminta agar transparan membongkar sindikat pemasok rokok ilegal yang sudah meresahkan masyarakat, Selasa (11/07).

Elemen sipil yang melakukan aksi yakni, Aliansi Rakyat Merdeka (Alarm), LSM Gadjah Puteh, Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI), Koalisi Masyarakat Pancasila Anti Korupsi (KAMPAK) dan LSM Gerakan Pemuda Rencong Anti Korupsi (GEPRAK).

Amatan kanalaceh com, massa juga membakar ban sekaligus bergantian berorasi menyampaikan tuntutan.

Dalam orasinya, Koordinator T. Fadli meminta agar bukti-bukti yang ada untuk ditingkatkan status hukumnya hingga ke pengadilan agar memberikan efek jera bagi para pelaku dan negara tidak terus dirugikan.

“Kita mendesak Dirjen Bea Cukai agar mencopot pejabat Bea Cukai Kota Langsa yang nakal yang selama ini bermain kotor yang berakibat merugikan negara miliaran rupiah,” ujarnya.

Orator lainnya, Said Zahirsyah, menyampaikan bahwa aksi ini menindaklanjuti atas keresahan masyarakat, dimana selama ini belum ada tersangka dalam kasus penangkapan barang ilegal di Kota Langsa yang dilakukan Bea Cukai.

Menurutnya, kasus hanya dilakukan layaknya tangkap lepas oleh oknum BC Langsa tanpa sampai proses pengadilan.

“Contoh seperti rokok ilegal saat ini belum ada tersangka, namun rokoknya ditahan dan bebas dijual di pasar, terkesan ada kongkalikong dengan mafia rokok,” ucapnya.

“Semua data itu sudah kita kantongi, ini pembodohoan kepada masyarakat, kami pastikan akan mempraperadilan atas kasus ini,” tegasnya lagi.

Sementara itu, pihak BC Langsa baik kepala maupun perwakilan belum ada yang menemui massa aksi.

Sampai berita ini ditayangkan, massa aksi masih menunggu di lokasi aksi untuk dilanjutkan setelah istirahat, solat dan makan siang. []

Related posts