Hiswana Migas Aceh Pastikan Tidak Ada Kelangkaan LPG 3 Kilo

Gas LPG 3 kilogram yang dikhususkan untuk masyarakat miskin. (net)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Wilayah Aceh, Nahrawi Noerdin mensikapi keluhan agen LPG 3kg yang ada di Kabupaten Pidie, yang mengatakan terjadi kelangkaan LPG 3kg diwilayah tersebut.

Menurut Nahrawi, quota LPG 3kg didistribuskan sesuai kebutuhan penerima yang sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu kelompok rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran dan petani sasaran.

Dari laporan warga, ada beberapa modus yang dilakukan agen dan pangkalan, yang menyebabkan LPG 3kg tidak tepat sasaran, semisal sebuah pangkalan menerima LPG 3kg  dari agen penyalur 50 tabung,  hanya 30 tabung yang dijual sesuai prosedur, sementara selebihnya di jual di atas HET dengan mengecer ke kios-kios atau kepada orang yang tidak berhak.

“Ini salah satu cara yang dilakukan oleh pangkalan, sering kita terima laporan dari masyarakat kegiatan seperti ini, dan belum ada ketegasan dari pemerintah setempat terhadap pangkalan tersebut, maka nasib masyarakat miskin penerima manfaat LPG 3kg akan selalu tidak mencukupi,” katanya, Minggu (30/7).

Selain itu Nahrawi juga mempertanyakan biaya yang di kutip dari pangkalan oleh para agen, informasinya setiap pangkalan dikutip biaya angkut dan biaya bongkar.

“Setiap pangkalan diminta uang bongkar, uang administrasi oleh agen, ini menyalahi aturan, pemerintah harus bersikap” pintanya.

Lebih tegas ketua Hiswana Migas Wilayah Aceh ini, meminta pemerintah kabupaten/kota yang menerima keluhan kekurangan LPG 3kg di wilayahnya, sudah harus melakukan sidak dan mengambil tindakan tegas terhadap agen penyalur dan pangkalan

“Masyarakat penerima manfaat LPG 3kg, juga  kita minta berani melapor kecurangan baik dilakukan pangkalan maupun agen, laporan bisa disampaikan ke Hiswana Migas Aceh di nomor kontak 081269777645,” tegasnya.

Nahrawi juga mengajak masyarakat di Pidie untuk mensukseskan kegiatan operasi pasar LPG 3 kg di kabupaten Pidie yang akan di gelar bulan Agustus mendatang.

“Pemerintah Kabupaten Pidie, Pertamina dan Hiswana Migas Aceh, akan melakukan operasi pasar,  operasi pasar  lpg 3kg ini dari agen langsung kepada masyarakat penerima manfaat dengan harga Rp.18000, dan akan dilakukan 23 kecamatan di kabupaten tersebut,” tutupnya

Related posts