ANTARA Berpartisipasi Lestarikan Terumbu Karang di Pulau Weh

ANTARA Berpartisipasi Lestarikan Terumbu Karang di Pulau Weh. (IST)

Sabang (KANALACEH.COM) – Perum LKBN ANTARA melakukan transplantasi terumbu karang di Gampong Iboih, Kota Sabang sebagai bagian menggelorakan dan merawat lingkungan bawah laut tetap asri dan indah yang dimulai dari titik nol barat Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Perum LKBN ANTARA mendukung kebangkitan dan kemajuan pariwisata di nol kilometer Indonesia yakni Sabang,” kata Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akmad Munir di Sabang, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kegiatan transplantasi terumbu karang yang bekerja sama dengan Rubiah Tirta Divers dan Pemerintah Kota Sabang. Kegiatan tersebut turut dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi , Sekretaris Perusahaan LKBN Antara Azhari, Kepala LKBN Antara Biro Aceh Febrianto Budi Anggoro, unsur Forkopimda Kota Sabang, masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Ia menjelaskan Perum LKBN ANTARA memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kemajuan pulau-pulau terdepan di Tanah Air khususnya Kota Sabang yang menjadi salah satu destinasi unggulan.

“Sabang merupakan destinasi para penggemar diving dan telah dikenal wisatawan mancanegara,” katanya.

Karenanya lewat kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut dapat merawat terumbu karang semakin cantik, indah dan nyaman sehingga menjadi penarik bagi wisatawan untuk berwisata ke Sabang.

Pihaknya juga berharap dengan program (TJSL) Perum LKBN ANTARA tersebut dapat memberikan manfaat dalam pelestarian dan merawat terumbu karang di kawasan Iboih dan Pulau Rubiah.

“Mari kita bersama-sama merawat destinasi wisata khususnya terumbu karang sehingga dengan alam terjaga wisata semakin maju dan bangkit,” katanya.

Perum LKBN ANTARA akan terus mengkapanyekam destinasi wisata sehingga pariwisata akan menggeliat dan menambah lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi memberikan apresiasi terhadap program TJSL Perum LKBN ANTARA dengan kegiatan transplantasi terumbu karang.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Perum LKBN ANTARA, lewat program ini terumbu karang akam terus lestari, terjaga dan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati wisata bawah laut Sabang,” katanya.

Direktur Rubiah Tirta Diver Ismayudi Dodent mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Perum LKBN Antara yang memilih transplantasi terumbu karang dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).
Adapun total bibit terumbu karang yang ditanam sekitar 160 bibit dari delapan modul.

Menurut dia pemilihan kawasan Pulau Rubiah, Iboih, Kota Sabang sebagai lokasi transplantasi terumbu karang, karena kawasan laut tersebut juga sangat terdampak saat tsunami Aceh 2004.

Pihaknya berharap kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut perlu dilakukan secara terus menerus, sebagai upaya untuk merawat lingkungan bawah laut dan menjaga keindahan laut Sabang.

“Kami berharap program seperti ini bisa terus berlanjut dari Perum LKBN Antara. Ini kolaborasi yang baik, yang patut kita lanjutkan,” demikian Ismayudi Dodent.

Related posts