Lingkar Satwa Koetaradja Edukasi Siswa Terkait Hewan Peliharaan

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komunitas pecinta hewan yang tergabung dalam Lingkar Satwa Koetaraja (LASAK), melakukan edukasi terkait hewan peliharaan kepada siswa-siswi TK Al-Washliyah, Gampong Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh pada Sabtu (02/09).

Komunitas yang tergabung yaitu dari Indonesian Cat Association (ICA) Aceh, dan Cat Lovers Banda Aceh (CLBA).

Kegiatan yang sekaligus memperingati hari pendidikan daerah serta rangkaian World Rabies Day 2023 ini, diikuti oleh seluruh siswa-siswi TK Alwashliyah dengan pemateri dari para pecinta dan pemilik hewan dari gabungan komunitas pecinta hewan di Banda Aceh.

Kepala Sekolah TK-Alwashliyah, Istini mengatakan, pihaknya sengaja mengundang komunitas pecinta hewan seperti Lingkar Satawa Koetaraja, ICA Aceh, CLBA Aceh, untuk memperkenalkan hewan-hewan peliharaan yang ada dilingkungan.

Ia berharap anak-anak dapat langsung mengenal seperti apa ular, kura-kura, kucing dll, jadi tidak hanya mendengar cerita dan gambar saja dikelas.

“Harapannya anak-anak dapat langsung mengenal seperti apa ular, kura-kura, kucing dll, jadi tidak hanya mendengar cerita dan gambar saja dikelas. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memeriahkan dan memperingati hari pendidikan daerah, dan Alhamdulillah anak-anak pada bahagia,” katanya.

Koordinator Kegiatan, Dokter Natalina mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut World Rabies Day 2023.

Dengan menitikberatkan agar edukasi ini sedini mungkin bisa menjadi upaya untuk mengantisipasi terjadinya penuluaran rabies pada anak-anak, mengingat sebagian besar kasus rabies terjadi pada anak-anak.

“kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut World Rabies Day 2023, dengan menitikberatkan agar edukasi ini sedini mungkin bisa menjadi upaya untuk mengantisipasi terjadinya penuluaran rabies pada anak-anak, mengingat sebagian besar kasus rabies terjadi pada anak-anak,” katanya.

Dari edukasi ini, anak-anak jadi tahu mana hewan yang aman, mana juga hewan yang berbahaya.

Sehingga ketika mereka berhadapan langsung dengan hewan-hewan tersebut, minimal mampu mengantisipasi apa yang akan dilakukan.

Hal senada juga disampaikan, Muhd. Rizki Lazuardi, ketua Lingkar Satwa Koetaraja (LASAK), menyebutkan pentingnya pengenalan hewan-hewan yang ada disekeliling kita kepada anak-anak, untuk menambah wawasan mereka serta memberi edukasi mana yang baha, mana juga yang aman.

“Kegiatan ini penting dilakukan untuk pengenalan hewan-hewan yang ada disekeliling kita kepada anak-anak, selain untuk menambah wawasan mereka, kegitan ini juga bisa memberi edukasi agar anak-anak tahu mana hewan yang bahaya, mana juga yang aman” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, para relawan gabungan ini membawa hewan peliharaan yang aman untuk disentuh dan dipegang bagi para siswa-siswi, seperti Kucing, Ular BallPyton, Sugar Glider, Iguana Blue, Iguana Albino, Kura-kura Sulkata, Gecko, Leopard Gecko hingga Kura-kura res Brazilia.

Related posts