Banjir Aceh Utara Rendam Perkantoran Hingga Sekolah

Banjir Aceh Utara Rendam Perkantoran Hingga Sekolah. (ist)

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengakibatkan fasilitas umum terdampak banjir, di antaranya perkantoran dan sejumlah sekolah di wilayah tersebut terendam banjir.

“Perkantoran yang ikut tergenang air di antaranya Mapolsek Matangkuli, Kantor Telkom Matangkuli, dan Kantor Camat Matangkuli serta sejumlah sekolah juga ikut terendam banjir,” kata Kapolsek Matangkuli, Ipda Hendra Jamiswar, Rabu (6/9/2023).

Sejumlah sekolah yang tergenang air yakni, MTsN 1 Matangkuli, SMPN 1 Matangkuli, MIN 9 Matangkuli, SDN 6 Matangkuli, SDN 9 Matangkuli dan MAN 2 Matangkuli.

“Untuk personel polsek saat ini selain mengamankan asrama beserta mako Polsek yang terendam banjir, juga turut melakukan pengaturan lalin serta membantu evakuasi warga sembari tetap memonitoring situasi di daerah yang terdampak banjir,” ujarnya.

Pihaknya menerangkan, beberapa ruas jalan penghubung antar-gampong (desa) sudah tidak bisa dilewati baik dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

“Sampan tradisional menjadi alternatif transportasi masyarakat, serta warga harus menggunakan jalan alteratif lainnya untuk bepergian guna melakukan kegiatan sehari-hari,” jelasnya.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengakibatkan 8 kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir. Ketinggian air yang menggenangi permukiman penduduk antara 30 hingga 70 sentimeter.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak sepekan terakhir mengakibatkan air sungai meluap.

Related posts