Diklaim Malaysia, Menko PMK Muhadjir Akan perkarakan Lagu Jiplak Halo-Halo Bandung

UNBK sukses digelar, Mendikbud sebut Indonesia cetak sejarah baru
keprinet.com

Jakarta (KANALACEH.COM) РMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan akan menindaklanjuti lagu berjudul Helo Kuala Lumpur yang mirip dengan lagu Halo-Halo Bandung.

“Nanti biar diproses, kan berkaitan dengan hak cipta itu,” kata Muhadjir di Gedung Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023).

Muhadjir sendiri mengaku belum mendengar lagu tersebut. Dia tak berani berkomentar lebih lanjut terkait lagu yang diduga menjiplak lagu Halo-Halo Bandung.

“Tolong dikirimkan saya deh lagunya,” ujar mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020.

Lagu nasional Halo-Halo Bandung diduga telah dijiplak menjadi sebuah lagu berjudul Helo Kuala Lumpur. Lagu tersebut diunggah di kanal YouTube asal Malaysia bernama Lagu Kanak TV.

Lagu yang diunggah pada 27 Mei 2020 itu mendadak ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia karena nada dan melodinya begitu mirip dengan lagu Halo-Halo Bandung.

Perbedaan kedua lagu tersebut hanya terdapat pada lirik lagu yang diubah di beberapa bait. Lagu Helo Kuala Lumpur terdengar hanya mengubah beberapa kata sapaan dari lirik Halo-Halo Bandung.

Halo-Halo Bandung merupakan lagu nasional buah karya Ismail Marzuki pada 1946. Lagu tersebut mengisahkan semangat perjuangan rakyat Kota Bandung pada masa kemerdekaan, khususnya dalam peristiwa Bandung Lautan Api pada 23 Maret 1946. [CNN]

Related posts