Perjuangkan Hak Disabilitas, Illiza Minta Universitas di Aceh Terapkan Kampus Inklusi

Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa'aduddin Djamal menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Tutor Pendidikan Khusus di Universitas Serambi Mekkah, Kamis (12/10/2023). (Foto untuk Kanalaceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal upayakan penerapan kampus inklusi di seluruh universitas yang ada di Aceh.

Dikatakan Illiza, tujuan dibentuknya kampus inklusi untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Sehingga stigma negatif dan perspektif bahwa mereka tidak bisa dilibatkan dapat dihilangkan.

“Indonesia sudah banyak kampus inklusi, dan di Aceh belum ada layanan khusus bagi difabel,” kata Illiza dalam pelatihan tutor pendidikan khusus di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Kamis (12/10/2023).

Pelatihan tutor pendidikan khusus, kata Illiza merupakan hasil kolaborasi dengan Kemendikbudristek. Diikuti  oleh peserta perwakilan dari seluruh universitas negeri dan swasta yang ada di Banda Aceh, Aceh Besar dan Lhokseumawe.

“Di sini mereka diberikan tutor bagaimana cara menjadikan kampus mereka sebagai kampus inklusi, baik dari infrastruktur, kebutuhan khusus bagi difabel serta pelayanan seperti apa yang diberikan,” jelasnya.

Komitmen itu, katanya sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas atau difabel.

“Makanya kita inginkan di Universitas Aceh juga memiliki layanan khusus difabel,” ucapnya.

Menurut Illiza, penyediaan layanan khusus difabel ini juga dapat memberikan kenyamanan bagi mereka, dan tidak membedakan dengan mahasiswa lainnya.

“Intinya dapat memanusiakan manusia, kita berharap kampus Aceh dapat menjalankan itu,” imbuhnya.

Related posts