Wakil Ketua Komisi V DPRA Irpannusir Bekali Ilmu Kepemimpinan Terhadap Mahasiswa STKIP

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Wakil ketua komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Irpannusir dari Fraksi PAN memberikan materi soal latihan kepemimpinan mahasiswa di STKIP Muhammadiyah di Aceh Barat Daya (Abdya). Jum’at (13-10-2023)

Irpannusir mengatakan, mahasiswa adalah anak muda merupakan generasi penerus bangsa yang suatu saat akan menjadikan pengganti estafet kepemimpinan.

“Para mahasiswa sebagai anak bangsa yang harus mempersiapkan dari sekarang sebagai penerus estafet kepemimpinan. Maka dari itu harus tampil mempersiapkan diri sebagai pemimpin yang akan datang”. Katanya

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut melatih para mahasiswa menjadi karakter seorang kepemimpinan.

” Sejak dari sekarang skil dan jiwa kepemimpinan itu harus kita asah. Sambungnya, sangat penting bagi generasi sekarang untuk bisa sukses dalam dunia kerja serta di tunjang dengan kemampuan individu”. Sebutnya.

Dalam pelatihan itu juga turut dihadiri oleh Irfannusir Rasman,S.Ag.,M.I.Kom, dan tokoh pendidikan Abdya, Ikhwanul Muslim, M.Pd, serta Irwansyah, M.Pd.

Sementara itu ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdal Jihad mengatakan, latihan kepemimpinan ini bertujuan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa.

“Supaya berkembang jiwa kepemimpinannya, dengan harapan akan sukses dalam dunia pekerjaan dan menjadi pelaku perubahan dalam kehidupan sosial kemasyarakatannya,” sebutnya.

Afdal berharap, latihan kepemimmpinan itu juga bentuk kesadaran kritis mahasiswa agar mampu mencari solusi dan mau memperjuangkan apa perubahan yang ingin di realisasikan. Agar terbentuk kesadaran bahwa sebetulnya pelaku perubahan adalah mahasiswa.

“Ketika kesadaran ini terbangun, maka diharapkan akan ada tranformasi sosial di masyarakat kita, dengan memahami bahwa transformasi hanya berhasil apabila dilakukan dengan rasional dan keadaban bukan dengan emosional dan anarkis”.(*)

Related posts