Aceh Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

Jakarta (KANALACEH.COM) – Provinsi Aceh meraih juara 2 Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Nasional untuk SMP/MTs tahun 2023. Lomba yang diselenggarakan pada 4-14 Oktober 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI ini diikuti oleh 102 peserta perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Prestasi yang diraih kontingen Aceh itu beranggotakan Fathinah Hafizha Amir, Farrel Zhafirsyah Arief, dan Muhammad Nawfal Werizky. Ketiga siswa itu berasal dari MTsn 1 Kota Banda Aceh.

Pemenang pertama diraih Provinsi DKI Jakarta dan berhak mendapatkan Piala Mahavidya, yaitu piala bergilir dari Mendikbudristek. Sedangkan posisi ketiga diraih oleh Provinsi DI Yogyakarta. Peraih juara harapan 1 adalah Provinsi Lampung disusul Kalimantan Utara dan Banten.

Baca: Mengintip Semarak Milad 108 Tahun Museum Aceh

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, menekankan pentingnya generasi muda untuk terus melestarikan museum dan cagar budaya sebagai sebuah identitas bangsa sekaligus sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Keterlibatan generasi muda dalam LCCM menjadi bagian dari upaya bersama dalam melestarikan museum dan cagar budaya. Kita butuh pelajar yang unggul dan mencintai museum,” ujar Mendikbudristek, di Jakarta, pada Kamis (12/10).

Menurutnya, museum dan cagar budaya harus terus dilestarikan. Melalui transformasi museum, Nadiem optimistis dapat menciptakan museum yang bermanfaat lebih relevan dan lebih terbuka untuk masyarat luas.

“Musem dan cagar budaya harus menjadi tempat yang ramah dan menyenangkan sehingga makin membuka ruang kolaborasi dan inovasi kepada banyak generasi muda untuk mencintai sejarah dan peninggalan masa lalu kita,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh (Disbudpar) Aceh melalui Kepala UPTD Museum Aceh, Mudha Farsyah mengapresiasi atas torehan prestasi yang diraih siswa-siswi MTsN 1 Banda Aceh. Menurutnya, prestasi itu merupakan suatu kebangaan bagi Pemerintah Aceh.

“Selamat kepada adik-adik dari MTsN 1 Banda Aceh atas prestasi juara 2 LCCM tingkat nasional-nya. Terima kasih atas kerja kerasnya. Semangatlah untuk terus melestarikan museum dan cagar budaya Indonesia. Mari kita cintai museum,” katanya di Banda Aceh, Jumat, 13 Oktober 2023.

“Terima kasih juga kepada guru pendamping yang sudah terlibat dalam upaya mengembangkan dan mendidik generasi unggul dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dari tahap seleksi tingkat provinsi yang dilaksanakan di Museum Aceh,” pungkasnya.

Terima Kasih Museum Aceh

Guru pendamping peserta LCCM dari MTsN 1 Banda Aceh, Khairiyah Rahma Lubis MPd mengaku sangat bersyukur atas capaian membanggakan tersebut. Kata dia, capaian itu merupakan buah perjuangan yang telah dipersiapkan anak didiknya sejak jauh hari.

“Kami sangat senang atas capaian ini, akhirnya perjuangan yang telah dilakukan berbulan-bulan membuahkan hasil. Harapan dari semua pihak untuk Aceh tahun ini bisa menang akhirnya terwujud. Setelah tiga kali gagal melaju ke babak final, Alhamdulillah untuk tahun ini bisa berhasil. Semua ini berkat usaha, doa dan dukungan dari semua pihak,” imbuhnya.

Related posts