40 Hektare Tanaman Padi di Abdya Terendam Banjir

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM)  – Banjir yang melanda wilayah kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tepatnya digampong Ujong Padang, Suaoh dan Iku Lhung kecamatan Jeumpa sejak minggu hingga Senin malam merendam lahan pesawahan petani. Senin (30-10-2023)

Dengan kondisi tanaman padi yang rata-rata baru berusia 35 sampai dengan 40 hari lebih itu berpotensi mengalami keterlambatan pertumbuhan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, melalui kabid Penyuluhan Safri Maswandi mengatakan, lahan pesawahan petani yang terendam banjir di Gampong Aso Nanggro, kecamatan Jeumpa seluas 10 hektare dengan umur padi masi 35 hari.

Sedangkan di Gampong Ujong Padang kecamatan Susoh umur padi 45 hari dengan luas lokasi 30 hektare yang terendam banjir.

” Ini tidak berpotensi gagal panen. Karena kalau umur padi sudah diatas 30 hari itu sudah tahan dan hama keong pun enggan memakan karna batang padi sudah keras. Paling pertumbuhannya saja yang terganggu karena tidak bisa di beri pupuk karena kondisi banjir”. Kata Safri

Dia menyebutkan, saat ini kondisi banjir didaerah itu belum kunjung surut. ” kalau terendam di waktu yang lama itu ia bisa membuat tanaman padi itu mati.

“kami sekarang masih terus memantau perkembangan banjir,”.(*)

Related posts