Belasan Desa di Aceh Singkil Masih Tergenang Banjir

Banjir, Abdya.

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Banjir masih melanda belasan permukiman desa di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil sejak tiga hari terakhir.

“Banjir mengakibatkan terendamnya ribuan rumah penduduk, jalan penghubung antar desa, serta fasilitas umum seperti sekolah dasar, TK, masjid, balai pertemuan, dan puskesmas,” kata Pusdalops BPBD Aceh Singkil Rosiana Kusuma Sabtu, 4 November 2023.

Lokasi terdampak meliputi, Desa Pea Bumbung, Ujung Bawang, Rantau Gedang, Teluk Ambun
5. Desa Teluk Rumbia, Kuta Simboling, Suka Makmur, Pemuka, Takal Pasir, Ujung, Pasar, Siti Ambia dan Desa Pulo Sarok.

Korban terdampak meliputi 2.691 KK dengan total 8.819 jiwa. Saat ini, sejumlah warga telah mengungsi, namun jumlah pengungsi masih dalam pendataan.

BPBD Aceh Singkil telah mengambil tindakan dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir untuk melakukan pemantauan, pendataan, dan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Hingga saat ini, banjir masih terjadi dengan ketinggian air mencapai 70 cm hingga 1 meter. Cuaca di daerah tersebut berawan hingga hujan ringan, dengan suhu sekitar 27°C dan kelembaban mencapai 90%. Kecepatan angin mencapai 10 km/jam dari arah barat daya.

Kami akan terus memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi lebih lanjut seiring berjalannya waktu. Semoga warga terdampak mendapatkan bantuan yang diperlukan dan situasi segera membaik.

Demikian laporan berita terkini mengenai banjir di Kabupaten Aceh Singkil. Kami akan terus memberikan pembaruan seputar kejadian ini. Semoga situasi segera membaik, dan selamat malam. (KRN)

Related posts