Wakil Ketua TPPS Aceh Papar Beragam Masalah Stunting

Wakil Ketua TPPS Aceh Papar Beragam Masalah Stunting. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh memfasilitasi Rapat  Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Bidang Intervensi Spesifik dan Sensitif di Aula setempat, pada Selasa, (12/12/2023) di Banda Aceh.

Turut hadir  Wakil Ketua Tim PPS  yang juga sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki, Kepala Biro Isra Setda Aceh, Yusrizal, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Safrina Salim, Ketua IBI Aceh, Ketua Persagi Aceh, IDI, IDAI, dan dinas terkait lainnya.

Saat membuka rapat, Wakil Ketua Tim PPS Aceh, Ayu Marzuki mengungkapkan, beberapa masalah yang ia temukan saat berkunjung  ke 23 kabupaten/kota di Aceh, antaranya keuchik (kepala desa) belum mengetahui tentang  stunting, baik intervensi spesifik dan senstitif.

Gimana mau mengatasi stunting kalau keuchiknya saja tidak paham apa itu stunting,” kata Ayu.

Ayu juga menemukan hal lain yaitu, memanipulasi data kemiskinan ekstrem hanya karena ingin mendapatkan bantuan. Di Posyandu juga masih ditemukan mengukur tinggi badan dengan menggunakan alat ukur meter kain, padahal anggaran sudah ada dari Pemda untuk membeli alat ukur yang mengikuti standar.

“Ternyata data nya sengaja di upgrade oleh keuchik. Ditinggikan agar dapat bantuan. Kami juga temukan di Aceh Tenggara dan Simeulue  Posyandu masih menggunakan alat ukur meteran kain. Padahal sudah dianggarkan Pemda,” ungkap Ayu.

Penjabat TP PKK Aceh ini juga menemukan kondisi kader Posyandu yang sering diganti, jika ada pergantian keuchik. Wakil Ketua TPPS Aceh meminta agar memberi edukasi dan sosialisasi, kepada keuchik.

“Edukasi dan sosisalisasi harus diberikan kepada keuchik. Sebagus apapun  program yang ada di provinsi, jika tidak langsung disambut oleh desa, sama saja tidak ada perubahan,” tuturnya.

Ayu berharap peran TPPS di desa dapat dimaksimalkan untuk mendorong dan mengedukasi para Keuchik dalam menangani stunting di desanya masing-masing. TPPS juga, lanjutnya, berperan untuk mengatasi masalah kesalahan penginputan data stunting.

Menjawab hal itu, Kepala BKKBN Aceh, Safrina Salim, mengatakan, dalam waktu dekatbakan menggundang para keuchik dan kader BKB untuk peningkatan kapasitas.

Sedangkan terkait rapatbkoordinasi yang difasilitasi BKKBN Aceh hari ini, kata Safrina,  bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan tugas serta peran semua unsur dalam TPPS selama setahun terakhir. Dalam rapat tersebut juga dibahas segala persoalan dan kendala serta menerima masukan dari setiap masalah.

Safrina berharap, penanganan stunting di Aceh tidak ada lagi mengedepankan ego sektoral. Semua pihak harus memiliki rasa tanggungjawab.

“BKKBN Aceh sebagai sekretaris TPPS memfasilitasi rapat ini sebagai harapan menghasilkan upaya konkrit upaya dalam melaksanakan target penanganan stunting di Aceh,” kata  Safrina.

Terkait pemasalah keuchik, perwakilan dari DPMG Aceh, Hasanuddin menambahkan, dinasnya sudah melakukan  koordinasi dengan semua kepala DPMG dan P3MD tentang stunting di masing-masing kabupaten/kota. Dan harapnya,  semoga bisa ditindak lanjuti TPPS kabupaten/kota.

Tambahnya lagi, dinasnya menemukan masih ada juga kepala desa yang menganggap dana stunting ini harus ada peraturan khusus, padahal ada  qanun gampong. “Ada bebrapa kepala desa yang datang ke DPMG dan akan alokasi kan dana desa untuk semua kebutuhan desa. Namun sudah kita cerahkan,” kata Hasan.

Perwakilan dari Unicef, dr. Natasya, sharing terkait gizi buruk. Menurutnya Anak gizi buruk jika tak ditangani akan berisiko pada kematian.  Gizi buruk, jika ditangani  anak bisa sembuh total.

Sementara kaitan dengan stunting, dokter mengatakan, gizi buruk ini bisa menyebabkan stunting juga. “Baduta yang mengalami gizi buruk jika  tak ditangani tiga kali lipat akan stunting. Ini perlu perhatian kita semua jangan sampai gizi buruk menyumbang angka stunting,” demikian pungkasnya.

Related posts