Malam Tahun Baru, Jalanan Kota Banda Aceh Padat

Situasi arus lalu lintasi di kawasan Simpang Lima Banda Aceh, malam pergantian tahun, Minggu, 31 Desember 2023. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah ruas jalan dalam Kota Banda Aceh menjelang atau saat malam tahun baru 2024 dipadati pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Pantauan kanalaceh.com, Minggu malam (31/12/2023) sekitar pukul 21:20 WIB, ruas Jalan Pante Pirak mulai dari Masjid Raya Baiturrahman hingga kawasan Simpang Lima terlihat volume kendaraan ramai.

Kemudian jalan menuju dan dari kawasan Blang Padang juga terlihat padat. Sebagian warga memilih untuk menghabiskan malam tahun baru di Lapangan Blang Padang.

Selain itu, tempat warung kopi di kawasan Lampineung, Batoh hingga Ulee Lheue juga terlihat ramai pengunjung.

Aparat kemanan gabungan TNI-Polri juga terlihat mengamankan jalanan di sejumlah titik yang terbilang padat pengendara.

Diketahui, Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mengeluarkan imbauan agar warga tidak ikut merayakan malam pergantian tahun dengan cara huru-hara.

Selain tidak sejalan dengan adat istiadat dan syariat Islam yang berlaku di Aceh, merayakan malam tahun baru dengan meniup terompet, membakar petasan dan kembang api, serta kegiatan hura-hura lainnya, dinilai hanya akan mengganggu ketertiban dan kenyamanan di tengah masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak ikut-ikutan meniup terompet, membakar mercon, kembang api, dan hal sia-sia lainnya yang tak pernah dicontohkan oleh indatu. Kita juga harus menghormati warga kita umat kristiani yang beribadah di gereja masing-masing,” kata Amiruddin.

Related posts