UIN Ar-Raniry Kukuhkan 200 Guru Profesional PPG

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh kembali mengukuhkan sebanyak 200 lulusan guru profesional pada Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan batch 2 K1 tahun 2023.

Pengukuhan lulusan PPG tersebut berlangsung di Aula Jeddah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Sabtu (6/1/2024).

Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Prof Muhammad Yasir Yusuf menyampaikan apresiasi kepada pimpinan FTK UIN Ar-Raniry dan penyelenggara PPG di lingkungan fakultas tersebut yang telah menjalankan komitmen kampus untuk mengembangkan PPG di UIN Ar-Raniry.

“UIN Ar-Raniry memiliki komitmen yang sangat besar untuk pengembangan PPG, hari ini tingkat kelulusan PPG mencapai 80%, hal ini patut kita apresiasi kepada dekan, wakil dekan dan para pengelola PPG, proses ini sangat berarti untuk memperbaiki posisi PPG kita di tingkat nasional,” ungkapnya.

Prof Yasir menyampaikan ucapan selamat kepada lulusan PPG yang dikukuhkan pada kegiatan tersebut, ia menekankan bahwa menjadi guru tidak sekedar mentransfer ilmu kepada peserta didik, tetapi juga menjadi amal kebaikan untuk kehidupan di dunia dan di akhirat kelak.

“Sebagai seorang guru, bapak ibu tidak hanya mendapatkan manfaat di dunia saja dari apa yang telah diajarkan, tetapi juga menjadi bekal amal kebaikan di akhirat dari do’a-do’a murid kita,” ungkapnya

Menurutnya, tingkat penguasaan ilmu seorang guru sangat tergantung pada amal kebaikan dan kemaksiatan yang dilakukan, ia mengajak guru untuk menjauhi kemaksiatan agar ilmu yang didapatkan dapat membekas dan terus bertambah.

“Ada korelasi yang kuat antara ilmu kita dengan kemaksiatan yang kita buat, maka bapak ibu para guru sebagai profesi yang mulia sudah sepatutnya menjauhi kemaksiatan, semakin bertambah ilmu seseorang semakin dekat ia kepada Allah ta’ala,” ungkap Prof Yasir.

Lebih lanjut, Prof Yasir menyorot pentingnya keteladanan seorang guru terkait adab dan akhlakul karimah bagi murid yang diajarkan, menurutnya akan sulit mengajarkan adab bagi murid jika guru tidak mempraktikkan adab dan akhlakul karimah dalam kehidupannya sehari-hari.

“Kita butuh guru yang bisa menghadirkan adab, murid tidak akan beradab jika guru tidak beradab, maka hadirkan akhlakul karimah dalam pendidikan kita, akhlak yang baik menunjukkan kualitas keimanan dan kualitas diri kita,” ungkapnya

Menurut Prof Yasir, guru yang profesional adalah guru yang bekerja bukan karena ada yang memantau ataupun ingin mendapatkan keuntungan duniawi, tetapi guru yang profesional adalah guru yang bekerja karena Allah sebagai amal dan bekal untuk kembali kepada-Nya.

Sebelumnya, Ketua Prodi PPG FTK UIN Ar-Raniry Saifullah Maysa SAg mengatakan bahwa jumlah lulusan PPG yang dikukuhkan pada kegiatan tersebut adalah sebanyak 200 orang, dengan rincian sebanyak 156 orang mengikuti secara langsung dan 44 orang mengikuti secara daring melalui aplikazi Zoom.

“Kita berharap mudah-mudahan lulusan guru profesional yang telah mengikuti proses PPG sejak 24 Agustus 2023 sampai dengan 17 Desember 2023 yang dikukuhkan hari ini dapat berdampak bagi wajah pendidikan Aceh yang lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Related posts