Ramai Jelang Pilpres 2024, Apa Itu Gerakan Salam 4 Jari

(KANALACEH.COM) – Gerakan salam 4 jari viral di media sosial X dan Instagram. Gerakan atau kampanye tersebut diinisiasi oleh Presidium Nasional Partai Hijau Indonesia John Muhammad.

John menyebut gerakan itu sebagai ekspresi untuk memilih selain paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Artinya, gerakan itu mengajak masyarakat memilih antara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo- Mahfud MD dalam Pilpres 2024

“Gerakan ini tidak ada atas permintaan dari paslon 1 atau 3. Ini murni kegelisahan kami, dan sejak awal posisi kami sudah begitu,” kata John Muhammad, Senin (29/1).

John membeberkan sejumlah alasannya memutuskan untuk berkampanye gerakan salam 4 jari. Pertama, gerakan itu meyakini paslon nomor urut 2 tidak layak dipilih.

Kedua, masyarakat sipil menurutnya menyadari untuk mengalahkan paslon nomor urut 2 diperlukan solidaritas rakyat yang lebih besar dari sekadar gabungan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Ketiga, ia sadar semakin besarnya potensi untuk memaksakan kemenangan satu putaran bagi paslon nomor urut 2. Keempat, ia juga menyoroti banyaknya invisible hands yang tak menghendaki terbentuknya koalisi antara paslon 1 dan 3 apabila Pilpres 2024 terjadi dalam dua putaran.

“Dan yang saya tangkap dari gerakan ini, ada kesadaran bahasa kami itu lebih ingin paslon 2 kalah ketimbang misalnya siapa yang menang antara paslon 1 dan 3,” kata dia.

John juga menjelaskan makna simbol salam 4 jari. Pertama, 4 jari menunjukkan gabungan paslon 1 dan 3.

Kedua, selaras dengan sila keempat Pancasila. Ketiga, kode internasional untuk tanda bahaya dan atau meminta pertolongan. Keempat, simbol asa kekuatan politik baru yang lebih progresif melawan oligarki dan politik dinasti.

Dalam seruan itu, John juga meminta agar masyarakat tidak golput pada Pilpres 2024. Ia meminta masyarakat memilih antara paslon 1 dan 3 serta menyuarakan aspirasi dan tuntutan alias tidak memberi kedua paslon tersebut dengan cek kosong.

“Tampilkan simbol empat jari kita dalam berbagai momen dan media,” ujarnya.

Gerakan salam 4 jari pun terpantau diikuti oleh sejumlah warganet yang ikut mengunggah Twibbon foto mereka disandingkan dengan lambang 4 jari yang dibubuhi keterangan ‘Satu tiga tambah kita’ dan disertai tagar #BukanPrabowoGibran. [CNN]

Related posts