Ruas Tol Kuala Bingai – Tanjung Beroperasi, Jalur Sumut Aceh Bakal Lebih Lancar

(KANALACEH.COM) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan pembangunan Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura sepanjang 19 km telah rampung.

Ruas tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Trans Sumatera itu, nantinya akan memperlancar perjalanan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

“Ruas Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura sepanjang 19 km dibuka untuk umum tanpa tarif, mulai 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB,” kata Basuki dalam keterangannya, Selasa, 30 Januari 2024.

Pengoperasian ruas tol ini menyambung Seksi Binjai – Stabat sepanjang 12,3 km, yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022. Kemudian ada pula Seksi Stabat – Kuala Bingai sepanjang 7,55 km, yang juga sudah dioperasikan sejak September 2023 lalu.

Basuki mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol seperti ini sangat penting, guna memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan dalam perjalanan.

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” ujarnya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan, sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pihaknya telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 27 Desember 2023.

Hal itu seiring dikeluarkannya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura.

“Sebelumnya seksi tol ini telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu, dengan dioperasikan secara fungsional selama lebih dari dua pekan mulai dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024, dan telah dilalui sebanyak lebih dari 100 ribu kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan,” ujarnya.

Selama masa beroperasi tanpa tarif, BUJT akan terus melakukan sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol. Pengguna jalan tol harus tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di Pintu Tol Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura, meskipun masih berlaku tanpa tarif.

Khususnya pengguna jalan tol yang melintas dari arah Kuala Bingai menuju Tanjung Pura atau sebaliknya melalui Seksi Binjai – Stabat dan Stabat – Kuala Bingai karena Tol Binjai – Langsa Seksi Binjai – Stabat sudah beroperasi dengan tarif sejak lama. [VIVA]

 

 

Related posts