Kunjungan Kapal Yacht Bakal Meriahkan Sabang Marine Festival 2024

Sabang (KANALACEH.COM) –  Event pariwisata yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yaitu Sabang Marine Festival (SMF) 2024 bakal digelar pada 1-3 Maret 2024 di Sabang.

Event yang sudah dua kali masuk dalam KEN ini akan menampilkan beragam atraksi kesenian, adat dan budaya khas dari pesisir. Kemudian event ini bakal dihadiri Yach (kapal layar) dari berbagai negara.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan event ini mengangkat kekayaan bahari Pulau Weh yang memiliki keunikan untuk dikenalkan ke wisatawan asing dan mengangkat tema ‘Perayaan Budaya Bahari Terbesar di Aceh’.

“SMF 2024 mengenalkan Sabang sebagai pusat bahari terbesar di Aceh yang memiliki kekayaan budaya dan potensi pariwisata,” kata Reza Fahlevi saat menggelar konferensi pers di Taman Sabang-Merauke depan Kantor Wali Kota Sabang, Kamis (15/2).

Dalam kegiatan itu, nantinya beragam atraksi budaya bakal ditampilkan seperti pawai budaya, tarian kolosal, pameran UMKM, Sabang music culture, ragam perlombaan permainan rakyat hingga kegiatan sustainable seperti bersih-bersih pantai dan bawah laut.

Tak hanya itu, SMF 2024 nantinya juga akan mengangkat tradisi yang sudah turun temurun dilestarikan yaitu kenduri laot.

“SMF 2024 juga mengangkat tradisi yang sudah turun temurun yaitu kenduri laot, kemudian pawai marine,” ucapnya.

Reza menyebutkan selain bersama Kemenparekraf dan BPKS, event ini turut didukung Konjen India di Medan yang ikut mensukseskan kegiatan SMF 2024.

Kemudian kegiatan ini nantinya akan dikalaborasikan dengan event Tour de Aceh yang juga bakal digelar di Sabang.

“Event ini kita targetkan bakal dikunjungi sekitar 20 ribu orang. Tentu ini bisa berdampak ke perekonomian,” katanya.

Sementara itu, wakil kepala BPKS Sabang, T Zanuarsyah menyebutkan, hingga saat ini pihaknya sudah menerima 8 peserta yachter dari berbagai negara untuk mensukseskan SMF 2024.

Bahkan mereka saat ini sudah ada yang sudah berlayar menuju Sabang. Ia memastikan jumlah yach itu bakal terus bertambah.

“Sejauh ini sudah 8 yach itu dari Amerika dan Australia. Kita prediksi bakal ada yang lainnya,” ucap Zanuarsyah.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, T Hendra Faisal mendukung event SMF 2024. Ia berharap kegiatan itu bisa berdampak langsung kepada masyarakat baik dari segi ekonomi hingga mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Kita mendukung penuh event ini, apalagi ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara yang sudah di launching Kemenpar beberapa waktu lalu,” katanya.

Related posts