Kombes Dedy Ajak Mahasiswa UIN Ar-Raniry Mewaspadai Paham Radikalisme dan Terorisme

Kombes Pol Dr Dedy Tabrani SIK MSi memberikan kuliah umum di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin, 19 Februari 2023.

BANDA ACEH (KANALACEH.COM) – Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme: Kebijakan dan Tantangan” pada Senin, 19 Februari 2023.

Kuliah umum ini menghadirkan pemateri Serdik Sespimpti Angkatan 33, Kombes Pol Dr Dedy Tabrani SIK MSi. Dedy memberikan pemahaman dan kesadaran mahasiswa tentang bahaya intoleransi, radikalisme, dan terorisme, serta strategi penanggulangannya.

Dalam paparannya, Kombes Dedy mengupas tuntas akar permasalahan intoleransi, radikalisme, dan terorisme di hadapan maahasiswa.

Dia menjelaskan, fenomena tersebut muncul akibat berbagai faktor, seperti kurangnya pemahaman agama, pengaruh ideologi ekstrem, dan propaganda di media sosial.

“Adik-adik mahasiswa perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap persoalan intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah bijak dalam bersosial media,” ujar Kombes Dedy..

“Mengingat saat ini banyak misinformasi yang beredar di sosial media, penting kemampuan untuk memilih rujukan yang tepat dalam mengakses informasi agar tidak terprovokasi,” lanjut perwira menengah asal Aceh itu.

Lebih lanjut, Kombes Dedy Tabrani memaparkan berbagai kebijakan pemerintah dalam menanggulangi intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Beliau menekankan pentingnya peran edukasi dan deradikalisasi dalam upaya pencegahan.

Tidak hanya itu, ia  juga memotivasi dan menyemangati mahasiswa Aceh untuk turut mengambil peran kepemimpinan di tingkat nasional.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr Muji Mulia MAg dalam sambutannya menyampaikan bahwa penting untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Islam kepada mahasiswa agar tidak mudah terpengaruh oleh ideologi intoleransi, radikalisme, dan terorisme

“Mahasiswa saat ini yang masih labil akan pemikiran keislamannya, masih dangkal dalam keislamannya sehingga hal itu yang mejadi target intoleransi, radikalisme dan terorisme,” ujar Dr Muji Mulia.

Oleh sebab itu, Dr Muji mengucapkan terima kasih kepada Kombes Pol Dedy Tabrani yang telah memamparkan secara gamblang dan membagikan pengalamannya dalam upaya mencegah intoleransi, radikalisme dan terorisme di Tanah Air.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Sain dan Teknologi, Ketua Prodi Ilmu Administrasi negara, serta dosen di lingkungan FISIP UIN Ar-Raniry. Kuliah umum ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. []

Related posts