Pemkab Gelar Pasar Murah Bantu Warga Abdya Menjelang Ramadhan

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Pemerintah kabupaten Aceh Bqrat Daya (Abdya) bekerja sama dengan Perum Bulog menggelar pasar pangan murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidup menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang hari besar keagamaan serta memfasilitasi masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” kata Azwar, Spt. Kepala bidang penyuluhan dinas Pertanian dan Pangan.

Azwar menyebutkan, ada sembilan titik pasar murah yang digelar pihaknya yakni di Kecamatan Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Susoh, Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil.

“Pasar murah ini  berlangsung selama tiga hari. Untuk hari pertama Selasa (5/3/2024) pasar murah digelar di tiga titik Kecamatan. Masing-masing Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Setia. Rabu besok (6/3/2024), mengambil 3 titik, masing-masing di Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot. Hari terakhir Kamis (7/3/2024) mendatang masing-masing Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil,” ujarnya.

Untuk satu titik pihaknya menyediakan sebanyak 250 paket sembako, dengan total jumlah paket keseluruhan kecamatan sebanyak 2.250 paket.

Diantaranya berisikan komoditi, beras premium, gula pasir, minyak goreng dalam kemasan dan telur ayam.

Perpaket dibandrol seharga Rp 200 ribu, dimana harga tersebut sudah disubsidi oleh pemerintah.
Anggaran yang diplotkan dalam kegiatan pasar murah tersebut sebesar Rp 540 juta, bersumber DOKA Kabupaten Abdya 2024.

Besaran anggaran itu akan digunakan dalam tiga tahap pasar murah. Tahap pertama menjelang puasa Ramadan dan anggaran yang digunakan sebesar Rp 180 juta.

Tahap kedua menjelang Hari Raya Idul Fitri sebesar Rp 180 juta. Tahap ketiga menjelang Hari Raya Iduladha Rp 180 juta.  Sementara jumlah subsidi sebesar Rp 80 ribu perpaket. Dari total harga Rp 280 ribu perpaket, masyarakat hanya membayar Rp 200 ribu perpaket.(*)

Related posts