Kapal Angkut Ratusan Rohingya Terbalik di Perairan Aceh Barat

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satu unit boat yang mengangkut ratusan pengungsi Rohingya terbalik di perairan Aceh atau 7 mil dari Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Saat ini baru 6 orang yang diselamatkan hingga ke daratan.

Sekjen Panglima Laot Aceh, Azwir Nazar membenarkan ada satu kapal Rohingya karam di perairan Aceh Barat. Dia juga sudah memerintahkan siapa saja nelayan yang melintasi mereka, untuk ditolong.

“Karena itu demi alasan kemanusiaan, kita wajib menolong orang yang tertimpa musibah di laut. Siapapun mereka,” ujar Azwir kepada wartawan, Rabu, 20 Maret 2024.

Mereka pertama kali ditemukan oleh nelayan Aceh Barat yang hendak melaut dan melihat kapal yang sudah terbalik. Sementera pengungsi Rohingya itu berada di lambung kapal berdiri dan melambaikan tangan untuk meminta pertolongan.

Bahkan diantara mereka disebut ada yang sudah hanyut dan tenggelam terbawa arus. “Beberapa dari mereka tenggelam karena boatnya terbalik dan banyak masih terapung di laut,” kata Azwir.

Sejauh ini baru enam orang yang sudah diselamatkan yaitu 4 perempuan bernama Rofeyas (18), Rozama (14), Rokeya (14) dan Afsahabibie (17). kemudian 2 laki-laki yaitu Salim (34), Zahid Husain (18).

“6 orang di tolong nelayan terdiri dari 4 perempuan dan 2 laki laki,” katanya.

Ke enam pengungsi yang ditolong tersebut kondisinya dehidrasi dan kelaparan. Info yang diperoleh, Kapal Basarnas saat ini akan menjemput pengungsi Rohingya itu dari tengah laut dan dibawa ke daratan untuk sementara waktu.

Related posts